ATALANTA ~si Tomboy Sejati dari Yunani~

Seri mitologi Yunani nongol lagi! Kali ini aku mau menceritakan salah satu tokoh mitologi Yunani wanita yang paling menarik perhatianku sejak pertama kali membaca kisahnya. ATALANTA!!

Namanya mungkin jarang terdengar di kisah-kisah mitologi Yunani, tapi dia adalah wanita yang menurutku sangat menarik, berbeda dari wanita-wanita yang banyak dikisahkan di kisah manapun. Atalanta adalah salah satu inspirasiku *eaaakk~*

 

Kalau kamu pernah nonton film Hercules 2014 yang dibintangi The Rock, kamu pasti tau ada tokoh Atalanta di film itu.

Ceritanya, Atalanta adalah putri yang sengaja dibuang sama bapaknya. Dibuangnya di tengah hutan lagi! Tega banget ya si bapak.

Alasan si bapak membuang Atalanta waktu masih bayi karena si bapak kecewa, pingin punya bayi cowo tapi yang lahir malah cewe. Gak sesuai harapan. Jadi dia sengaja membuang bayi itu di tengah hutan biar mati kedinginan atau dimakan binatang buas.

Tapi ternyata binatang pun bisa lebih manusiawi daripada manusia, karena seekor beruang betina menemukan dede bayi itu dan kemudian ‘mengadopsi’nya, menyelamatkannya dari ancaman marabahaya di alam liar.

 

Atalanta pun tumbuh menjadi gadis hutan yang hebat. Dia pandai berburu dan punya kemampuan berlari yang sangat cepat secepat anak panahnya yang melesat. Oh, iya, dan dia adalah cewe tomboy!! Tomboy sejati!!

Penampilannya sederhana, dengan jubah terikat di leher, ikat pinggang yang bersinar, tabung dari gading tempat menyimpan anak panah, dan busur yang gak pernah lepas dari genggaman tangannya.

atalanta
mungkin bentukannya semacam ini. (via pinterest)

Atalanta memutuskan buat gak nikah, karena dia gak terlalu mementingkan cinta-cintaan. Walaupun cukup banyak cowo yang suka sama dia karena keunikannya itu, tapi dia gak pernah mau menerima cinta cowo-cowo yang deketin dia. Atalanta cuma mau menerima cowo yang bisa mengalahkan dia dalam lomba balap lari. Sayangnya, sebelum bertemu dengan Melanion, gak ada satu pun cowo yang bisa mengalahkan Atalanta dalam lomba balap lari. *aduh, gak bisa dipake buat pelarian dong?*

Atalanta ini sosok gadis yang tangguh dan pastinya pemberani. Pernah suatu ketika dia dikejar dua binatang buas, dan dia menghadapinya dengan tenang, dia gak melarikan diri. Dia memberi pesan ke semua wanita (yang selama ini dipandang sebagai makhluk lemah) bahwa kalau kita dihadapkan sama suatu permasalahan itu kita jangan lari, tapi hadapi! Keren ya Atalanta! Pasti doi penganut paham feminisme juga.

 

Beberapa penyair kuno menyebutkan Atalanta juga ikut dalam misi pencarian Bulu Domba Emas. Selain itu, gadis pemburu pemuja dewi Artemis ini pernah disebutkan dalam kisah perburuan babi Calydonian, babi yang memporak-porandakan negeri Calydon. Babi itu susah banget diburu karena saking kuat dan liarnya, tapi Atalanta berhasil melumpuhkan babi itu dengan melesatkan anak panahnya ke bagian perut si babi. Di saat babi itu mulai klepek-klepek, putra dari raja negeri Calydon yang bernama Meleager membunuhnya.

Setelah babi itu mati, Meleager mendapatkan pengharaan, tapi penghargaan itu malah dia kasih ke Atalanta. Karena dia pikir, kalau Atalanta gak melumpuhkan si babi, dia gak akan bisa segampang itu membunuhnya. Jadi gimanapun juga, Atalanta berhak mendapatkan penghargaan itu. Tapi setelah ditelisik, alasan lain (dan mungkin ini alasan utama) atas diberikannya penghargaan itu ke Atalanta adalah… karena Meleager suka sama Atalanta. Tjiiieee tjiiiee~

Tuh kan? Kalau cowo baiknya berlebihan itu pasti ada apa-apanya.

Tapi apakah Atalanta mau menerima cinta sang putra raja begitu aja setelah dikasih penghargaan? Enggak segampang itu!

Atalanta adalah gadis yang teguh pendiriannya, dia tetap memegang prinsip buat gak menerima cowo yang gak bisa ngalahin dia balap lari.

Jadi ya… Atalanta cuma menganggap putra raja itu sebagai teman, gak lebih.

Putra raja, sepertinya kamu terjebak friendzone! Tjiiieee di-friendzone-in tjiiieee~

 

Satu lagi, Atalanta berpesan ke semua wanita buat jadi wanita yang teguh sama pendiriannya. Jarang-jarang ada wanita yang berpendirian kuat, karena biasanya wanita itu kan mudah goyah.

 

Bagi para lelaki, memenangkan hati Atalanta itu memang hal yang hampir mustahil. Mungkin predikat perawan sejati (baca : perawan tua) udah ditakdirkan melekat dalam diri Atalanta. Tapi ternyata enggak!

Suatu ketika, datanglah seorang cowo yang menantang Atalanta buat balap lari. Cowo ini berbeda dari semua cowo yang pernah lomba lari demi cinta Atalanta. Dia tau bahwa kemampuan berlarinya gak sebaik Atalanta, tapi dia ini cowo cerdas.

Namanya Melanion, cowo ini menggunakan trik buat mengalahkan Atalanta di lomba balap lari dan memenangkan hati Atalanta.

Dengan meminta bantuan Aphrodit sang dewi cinta, Melanion mendapatkan tiga buah apel emas dari Aphrodit.

 

Hari itu, pertandingan balap lari antara Atalanta dan Melanion dimulai. Gak bisa dipungkiri, kemampuan lari Atalanta memang udah level dewa, belum apa-apa Melanion udah ketinggalan jauh. Tapi Melanion tetap tenang dan mulai menjalankan triknya.

Ketika Atalanta tengah berlari, Melanion melemparkan satu buah apel emas dan mendarat tepat di depan Atalanta. Melihat apel emas yang indah itu, Atalanta berhenti berlari, terpesona dengan keindahannya. Saat itu juga, Melanion memanfaatkan kesempatan untuk menyusul Atalanta.

Menyadari lawannya udah berhasil nyalip, Atalanta cukup terkejut. Dia berlari lagi mengejar Melanion. Sebelum sampai melewatinya, Melanion kembali melemparkan apel emas yang kedua. Atalanta pun kembali buyar. Walaupun sempat berhenti, tapi dia gak akan berlama-lama menghabiskan waktu buat mengagumi keindahan apel pemberian dewi Cinta itu.

 

Ketika Melanion semakin mendekati garis finish, dia melemparkan apel emas terakhir. Pesona apel emas itu memang cukup ‘mengganggu’, Atalanta jadi gak konsen buat meneruskan larinya. Sampai akhirnya Melanion berhasil melewati garis finish.

Melanion pun menjadi pemenang dalam balap lari dan menjadi pemenang di hati Atalanta. *eaaakk~*

Mereka lalu hidup bersama, dan Atalanta melahirkan seorang anak laki-laki bernama Parthenopaenus, yang di masa depan akan menjadi satu dari 7 pahlawan penyerang Thebes. Apa itu 7 pahlawan penyerang Thebes?? Mungkin next time bisa diposting kalau gak males.

 

Tapi setelah melahirkan Parthenopaenus, katanya, Atalanta dan Melanion dikutuk jadi sepasang singa karena udah berani menghina Zeus. Ah, masa? Siapa sih penyair yang bikin cerita kayak gitu? Gak seru ah! Masa udah hidup bahagia gitu endingnya dikutuk jadi singa karena menghina dewa? Gak oke ah brur! T_T

 

However, Atalanta udah jadi salah satu tokoh mitologi Yunani favoritku, citranya unik, menarik.

Dan kalau dipikir-pikir, ternyata paham feminisme udah mulai ada dari jaman Yunani kuno, ya dikit-dikit lah, terbukti dari adanya kisah Atalanta ini. Ya gak sih?

 

Oke deh gini aja. Makasih banyak yang udah mampir.

 

 

 

 

 

 

 

(referensi : Mitologi Yunani by Edith Hamilton)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s