Awalnya Cuma iseng

Dulu, sebelum punya smartphone ber-OS Android, aku pingin banget punya Nokia Lumia yang ber-OS Windows. Cuman karena keterbatasan, dengan kata lain uangnya gak cukup, jadi aku pilih Android. Tapi akhirnya sekarang aku berhasil memiliki smartphone idamanku, sejak doi masih pakai nama Nokia, sampe [kabarnya] Nokia dibeli sama Microsoft dan nama produknya diganti jadi “Microsoft Lumia”. Coba? Penantian yang cukup panjang kan? Udah gitu belinya kredit di temen. Ahaha… tapi udah lunas kok, malahan lunas lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Dan yang penting belinya pakai uang sendiri.

 

Microsoft Lumia 535 yang aku pakai ini tadinya masih Windows 8.1, terus aku nemu kabar kalau Lumia tipeku ini bisa di-update ke Windows Mobile 10. Wah! Aku mau dong~

Terus aku mengikuti langkah-langkah yang diajarkan sama author di Windows Portal Indonesia. Aku ambil cara simpel dengan meng-update via Windows Insider.

Cuman waktu itu aku masih kecewa. Katanya Lumia 535 dapet jatah update OS, tapi begitu aku cek, gak ada tuh!

Jadi sedih. Tapi yaudalah, mungkin memang belum dijatah dari sananya, yang penting aku percaya sama Microsoft.

 

Dan sebulan setelah hp-ku lunas, kepercayaanku sama Microsoft berbuah manis. Penantian yang gak berasa kayak lagi nunggu akhirnya berakhir.

Pagi itu, aku lupa hari apa, pokoknya abis bangun tidur, aku buka hp, terus iseng aja buka aplikasi Windows Insider. Dan…??

UPDATE OS TERSEDIA!!!

Tanpa mikirin sisa kuota, aku langsung melakukan update OS. Aku gak ngerti apa maksud dari Fast Ring, Slow Ring, terus yang satunya apa lagi deh aku lupa, Preview apaaa gitu, pokoknya waktu itu aku pilih Fast Ring. Tapi abis itu gak muncul tampilan apapun. Yah…. Ini gimana sih maksudnya? Gak ngerti ah!

Aku kecewa lagi, terus aku mandi. Pas udah selese mandi, masih kecewa sih, terus aku cek hp, eh taunya muncul pemberitahuan buat download OS dengan ukuran sekitar 700Mb-an. Njir!! Masa musti nyari-nyari sinyal wi-fi sih? Udah gitu kuota tinggal dikit. Terus aku isi ulang pulsa via mobile banking biar gak usah keluar dan pergi ke konter terdekat, abis itu langsung dipaketin ke paket harian 1 Gb 3 hari 10ribu. (aku pakai kartu Tri)

Terus abis itu, langsung aja deh aku update OS. Nunggu proses download selesai walaupun gak tau ke depannya harus digimanain lagi.

Tapi aku gak khawatir sih, kan ada tulisannya, ya dibaca lah! Kalau ada perintah suruh lanjutin ya dilanjut, kalau disuruh nunggu ya nunggu.

Aku udah agak lupa sih langkah-langkahnya gimana aja waktu pertama kali update OS dari 8.1 ke Windows 10 Mobile.

Pokoknya ya tinggal ngikutin langkah-langkah yang muncul di layar.

Dan ini yang utama!!

Hal-hal penting yang perlu diperhatikan kalau kamu pengguna Windows Phone yang mau update OS :

  • Pastikan baterai smartphone kamu dayanya masih banyak, di atas 50% lah, atau 100% bila perlu. Semisal enggak, kata author di WinPoin update OS sambil nge-charge gak apa-apa. Tapi lebih disarankan baterai dalam kondisi masih punya banyak daya. Daya dan upaya, baterai yang ber-daya, kamu yang berupaya.
  • Pastikan smartphone-mu konek ke internet. Ya iya lah, ini udah pasti banget. Kalau di sekitar kamu lagi gak ada sinyal wi-fi, kamu bisa berkorban pakai kuota internet sendiri, atau kalau kamu tipe orang pelit dan gak mau rugi, kamu bisa minta hotspotan ke temen kamu yang kuotanya masih banyak, dan kalau temen kamu itu sama pelitnya kayak kamu, mau gak mau kamu musti siapin kuota paling enggak 1 Gb lah.
  • Pastikan ada ruang kosong di memori internal smartphone kamu minimal 1,5 Gb.
  • Pastikan kamu punya smartphone ber-OS Windows Phone. Ya iya lah, ini udah yang paling pasti banget. Masa iya sih, kamu punya smartphone ber-OS Android tapi maunya update OS ke Windows 10 Mobile, kan gak nyambung! Gimana sih kamu?

 

Itu lah beberapa hal yang harus diperhatikan kalau mau update OS Windows 10 Mobile. Tapi gak semua tipe Lumia bisa di-update ke W10M ya. Untuk mengetahui tipe Lumia apa aja yang bisa di-update, kamu bisa googling sendiri. Googling sendiri ya, jangan manja XD

 

Sekarang, Lumia 535 kesayanganku udah naik level ke Windows 10 Mobile. Senangnya~

Tapi, bukan cuma itu yang bikin aku seneng. Dari keisengan yang berbuah keberhasilan itu aku mendapatkan beberapa pengetahuan baru, salah satunya tentang Windows Insider.

Untuk mengetahui info update-an OS via program Windows Insider, aku harus gabung jadi member Insider dulu, dan dengan menjadi member Insider, ada beberapa hal yang aku tau, seperti yang udah dikutip sama author WinPoin, diantaranya :

  • Member insider dapet jatah lebih dulu buat update OS sebelum resmi dirilis
  • Member insider akrab dengan bugs, permasalahan-permasalahan yang muncul setelah update OS dilakukan
  • Member insider berani mengambil resiko perangkat rusak
  • Member insider ikut berperan dalam mengembangkan program-program Windows dengan memberi feedback setelah melakukan update, jadi semisal ada bug di bagian mananya, member insider bisa [dan diharapkan] memberi feedback biar permasalahan-permasalahan itu bisa diatasi. Gak cuma ngasih feedback soal permasalahan yang ada, tapi bisa juga ngasih masukan soal fitur-fiturnya. Semacam itu lah.

 

Selama menjadi member insider, aku udah pernah bahkan terbiasa mengalami bugs. Waktu itu sempet agak kesel pas update OS Windows 10 yang ke 2 kalimya, ceritanya itu build baru dan belum resmi dirilis terus aku belum paham-paham banget soal Windows Insider, jadi begitu aku mengalami bugs aku cukup kaget. Setelah tau sedikit lebih jauh tentang Windows Insider, aku jadi tenang. Soalnya bugs itu cuma sementara, pasti Microsoft akan segera memperbaikinya. Dan memang iya gitu sih.

Sekarang aku malah ketagihan update OS dan sering nge-cek website WinPoin, kali aja ada berita tentang build baru, jadi aku bisa langsung update OS.

 

 

Di Windows 10 Mobile yang sekarang, program Windows Insider udah dipindah ke Settings/Pengaturan. Dan di versi W10M kalau mau cek ketersediaan update OS lebih gampang, tinggal pergi aja ke Settings > Update & Security > Phone Update >  udah aja tinggal download update OS nya. Gampang kan?

 

So, itu lah sesuatu yang aku dapatkan dari keisengan update OS. Karena aku bukan orang yang ahli IT, dan aku cukup gaptek, jadi begitu tau yang beginian aku jadi seneng banget. Mengetahui hal baru itu menyenangkan.

Oh iya, ada hal baru lagi yang aku baru tau dari Microsoft Lumia 535 ini. Tunggu postingan selanjutnya ya, kapan-kapan! Kalau kamu penasaran dan gak mau melewatkan ‘hal baru’ yang aku maksud, kamu bisa follow blog ini biar bisa update. Ok?! *ini orang kok PD banget ya?*

Thank u very much.

 

Tambahan :

Beberapa tampilan yang berubah dari Windows Phone 8.1 ke Windows 10 Mobile…

User interface (UI) nya Windows memang unik ya, lain dari yang lain.  Di versi Windows Phone 8.1, kalau kita geser ke daftar aplikasi, background nya polosan, dan di Windows 10 Mobile, background nya transparan. BTW, gambar background nya bikin mupeng ya. Chezy makes me crazy XD

 

wp_ss_20170329_0001
ini salah satu perubahan yang paling aku suka. Di versi sebelumnya, cuma ada 4 quick actions, dan di versi W10M bisa dilihat sendiri ya. Makin banyaaakkk~ udah gitu bisa diedit juga itu quick actions- nya, bisa dipindah posisi. Fleksibel kan?
wp_ss_20170329_0004
This is it!! Dari segi hiburan, perubahan ini yang paling paling paling aku suka!! Music Player di W10M berubah jadi GROOVE MUSIC!! dan di sini aku bisa edit info file musik.

Soal music player atau yang berhubungan sama musik di hp, aku cukup ribet. Jadi aku tuh selalu merapikan file musikku, kayak nama file misalnya, biar kalau mau nge-play di music player tuh gak ribet nyari file nya. Kalau namanya rapi dan berurutan kan lebih enak. Dan harus lengkap minimal sama nama musisinya.

Soalnya dulu pernah, aku sempat menghapus satu di antara dua file musik yang namanya sama. Waktu mau nge-play lagunya the GazettE yang judul “ibitsu”, aku liat ada dua lagu judul ibitsu di music player-ku, karena aku kira itu dua file yang sama, jadi aku hapus salah satu lagu dengan judul “ibitsu” itu. Begitu udah dihapus, beberapa hari kemudian aku baru nyadar kalau aku kehilangan lagu “ibitsu” nya KAGRRA!!!

Ngeselin kan??

Begitulah. Nah, dengan fitur Edit info Lagu di Groove Music ini, aku merasa beruntung karena bisa edit info lagu TANPA memindahkannya ke PC / laptop lebih dulu. Praktis kan?

wp_ss_20170329_0005
Aku udah bisa bebas pilih suara siapa yang membangunkan tidurku

Di Windows Phone 8.1, aku cuma bisa pakai nada alarm yang udah disediakan sama Microsoft, mungkin bisa sih pakai musik pilihan sendiri, cuman ribet. Tapi di W10M, aku bisa pilih apa aja buat dijadikan nada alarm. Mau dibangunin Kellin Quinn, bisa! Dibangunin Hyde, bisa! Ruki, Chrigel, siapapun yang ada di file musik, pokoknya bisa!

Satu yang aku sayangkan, sejauh ini aku belum nemu cara mengganti format jam yang 24 jam di Windows 10 Mobile. Padahal aku udah terbiasa pakai format 12 jam di hp. Jadi kadang masih suka keliru pas pasang alarm atau reminder.

Nah~ yang ini juga aku suka. Di Windows 10 Mobile aku bisa balas SMS tanpa membuka aplikasi Pesan, jadi bisa langsung balas di status bar nya.

Makin asik aja Windows Mobile. Sayangnya marketshare Windows Mobile makin menurun. Kemungkinan buruknya, Windows Mobile gak diproduksi lagi. Tapi yaudalah, selama masih bisa digunakan, aku gak akan berpaling ke yang lain kok. Kan dari awal aku udah cinta sama smartphone berbasis Windows ini.

Begitulah. Sekali lagi, makasih ya udah mampir.

Advertisements

One thought on “Awalnya Cuma iseng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s