Ketika Kealayan Melanda : Ngomongin si Juri yang Ga Penting

[ini adalah postingan nostalgia, dan ke-alay-an yang over dosis akan memenuhi postingan ini, trust me!!]

 

Karena kemarin aku bikin postingan tentang UNDIVIDE band project-nya Leda, kali ini aku mau membuang waktu (mumpung lagi libur) dengan ngomongin si Juri ongol-ongol mantannya Leda! Eh, mantan vokalis di band-nya Leda yang dulu maksudnya.

 

Sebelum dilanjut, ijinkan aku berubah sementara ke aku versi jejepangan dulu ya, biar alaynya bisa maksimal. Soalnya udah umur segini, mau ngalay berasa agak canggung.

J-lover mode : ON

Fangirl mode : ON

Fujoshi mode : ON

 

DELUHI, adalah nama sebuah band Jepang beraliran visual-kei yang musiknya berat [cukup banget] dan punya keunikan tersendiri. Skill bermusik dari semua personilnya ga bisa dipungkiri, mereka memang super duper mega awesome!

Aggy pembetot bass yang sebenernya mainnya bagus cuman sayang kebanting sama gitar dan drum nya.

Sujk (dibaca ‘Suk’ atau ejaan Jepangnya ‘Suku’, bukan Sujek apalagi Sejuk) yang main drumnya udah kayak orang kesetanan.

Lady Leda *eh?* Leda sang gitaris sekaligus leader band yang  jenius banget tiap bikin lagu dan permainan gitarnya yang super epic bikin semua orang terpukau. Dan… si mas vokalis bernama Juri  yang… yang jadi bahan postingan ini.

 

Flashback. [ingat, ini adalah postingan nostalgia]

Jadi, dari jaman kelas 1 SMA ketika pertama kali aku kenal DELUHI, aku udah terpesona sama warna vokal si mas vokalisnya. Waktu itu pertama kali aku dengerin lagunya DELUHI yang Orion Once Again, dan pas itu aku sama sekali belum tau wujud member-membernya DELUHI kayak apa. Sebagai penikmat musik kan aku dengerin karya-karyanya dulu, urusan wujud belakangan. Kayak waktu aku demen ALSDEAD terus setahun kemudian baru tau wujud para personilnya.

Tapi buat yang ini engga selama itu sih. Begitu selesai dengerin Orion Once Again, aku langsung cari tau lebih jauh soal DELUHI.

Dan ketika aku melihat wujud si mas vokalis yang udah sukses menggonjang-ganjingkan hati ini, aku serasa mau pingsan. *lebaynya tolong!*

Dia itu gantengnya natural. Aseli!! Tatapan matanya yang adem, hidung indahnya, bibir tipis nyemehnya(?), giginya… SE-NYUM-NYA!!

Memang sih, Tora ‘Alice Nine’ yang waktu itu aku udah suka juga gantengnya ga pake ukuran, over parah, tapi Juri ini gantengnya beda, kayak… ada manis-manisnya!

Setelah itu, semakin cinta lah aku sama Juri, dan DELUHI tentunya. Saking cintanya, UVERworld, salah satu band Jepang yang udah lebih dulu aku suka sampe aku cuekkin. *maafin aku ya Takuya bebep kisut*

 

Sayang berjuta sayang, band epic yang terbentuk sejak tahun 2008 itu harus bubar setelah mengadakan konser terakhirnya di tahun 2011. Nangis bombay aku waktu denger kabar disband-nya DELUHI. Sudalah, lupakan kepedihan itu!

Setelah disband, Leda mantan gitaris DELUHI membentuk band project sama Sujk sang mantan drummer. Terus Leda juga aktif ngisi seminar gitar di beberapa kampus di Jepang. Aggy sang mantan bassist belum diketahui kabarnya, dia yang paling tenggelam di antara member lainnya. Selain gabung di band projectnya Leda sebagai drummer, Sujk juga sempat merilis solo album. Sementara si Juri ongol-ongol yang doyan makan itu?? Apa kesibukannya?

Walaupun doi belum bikin project, tapi tetep dipake kok! Maksudnya dipake buat mengisi vokal di solo albumnya Sujk. Jadi, di sela-sela nganggurnya setelah DELUHI bubar, Sujk merilis album Arkhelism dan Arkhelism 2. Di dua album itu Sujk mengajak Juri untuk mengisi vokal di beberapa lagu. Sujk baik hati banget ya, tau aja temennya lagi ga ada kerjaan dan ga bisa jajan.

(Rekomen lagu-lagunya Sujk yang ada Juri nya : One’s Weakness, Try Too Hard, In Control, Save Your Soul, Skymermaid. Dan itu semua enak-enak banget, bikin aku gemez sama Sujk)

 

Selain berpartisipasi di 2 albumnya Sujk, Juri juga berpartisipasi sebagai pemanis di album ke 2 nya UNDIVIDE. Walaupun cuma satu lagu dan itu pun cuma bagian teriak-teriak, bagaimanapun Juri tetap berjasa sebagai… pemanis. Terima kasih ya Leda, setidaknya kamu masih ingat dan menghargai mantanmu :’)  *eh?*

 

Sebagai fangirl yang udah terlanjur cinta dan susah move on, dulu aku selalu melihat update-an Juri di twitter. Berharap masih bisa melihat dia bahagia walau menganggur *mustahil* atau kali aja dia bikin band baru, pokoknya apapun kabar terbaru dari dia aku selalu menanti. Tapi semenjak DELUHI disband dia jadi jarang nge-tweet. Main twitter palingan pas ada job kecil-kecilan. Jarang nge-tweet banget pokoknya pas itu, terus sekalinya nge-tweet postingannya cuma makanan.

Makanan dan makanan. Sampai waktu Juri ulang tahun dan dia upload foto dia sendiri yang lagi megang PS sebagai hadiah ulang tahun, dia terlihat berisi, berlemak, pokoknya keliatan kayak pengangguran yang banyak duit. Ga ada kerjaan tapi makan terus-terusan.

Beneran deh waktu liat Juri makin gemukan aku ketawa terus. Abisan aneh dianya! XD

Udah biasa liat dia ramping bahkan ceking, tau-tau udah kayak mau saingan sama Baymax.

 

Juri oh Juri. Betapa aku dan para penggemarmu di luar sana selalu menunggu kehadiranmu lagi di dunia musik Jepang.

Singkat cerita, dalam kondisi Juri yang sudah kembali ramping seperti sedia kala, Juri mengumumkan bahwa dia akan berkolaborasi dengan Leda sang mantan (mantan gitaris DELUHI ya maksudnya) untuk berkontribusi di album V-Rocks Anime dengan meng-cover lagu The Meaning of Truth. Namanya juga V-rocks Anime, jadi album itu isinya ya lagu-lagu anime yang dicover sama band-band visual-kei.

Seneng banget waktu denger kabar Juri mau balikan lagi sama Leda. Maksudnya bisa sama-sama lagi dalam satu project.

Harapan para penggemar Juri mulai menemukan titik terang ketika melihat foto Juri dan Leda di detail info album V-Rocks Anime itu. Kalau Leda sih kita udah ga heran, karena waktu itu dia masih aktif di UNDIVIDE, tapi Juri?? Ada angin apa kok tau-tau dia nongol dalam wujud baru yang menyerupai member boyband Korea?

Omai omaiiii omaigaaaaddd~ XD

Aku masih inget waktu itu temen-temen dan aku pada heboh pas liat foto terbaru Juri. Heboh karena dia rada-rada mirip boyband Korea dan heboh menebak-nebak apa yang selanjutnya akan terjadi setelah perilisan album V-Rocks Anime. Masa iya sih penampilan Juri sampe segitunya kalau cuma buat nyanyi satu lagu di album yang kayaknya ga gitu penting-penting amat?

Sebagian besar dari kita beranggapan kalau Juri akan kembali, mungkin dengan solo album atau kembali muncul dengan band baru. Yang jelas ga kembali ke Leda :’)

 

Dan ternyata, ga lama kemudian, Juri mengumumkan kalau dia akan merilis solo album!!

Aaaaaaakkk~

 

Solo album Juri berjudul “Blanche”, menjadi album yang menguak tabir seorang Juri yang misterius.

Kalau aku perhatikan, di setiap aksi panggung DELUHI, aku ga pernah liat Juri headbang walaupun musiknya udah asik banget buat headbang, dia palingan cuma angguk-angguk dan loncat-loncat sambil teriak, pakai gerakan tangan memukul udara (?), dan bahkan… JOGET!! Entah joget macam apa yang dia tunjukkan waktu bawain lagu Suna no Izumi di konser terakhir DELUHI.

Lain sama Sujk, Aggy, dan Leda yang pakai tindik dan penampilannya gahar, Juri lebih polos, aku ga pernah liat Juri pakai tindik dan bertato.

Aku jadi mikir, Juri itu sebenernya anak metal atau anak siapa sih??

Dan di solo album itu lah, Juri mulai berani menunjukkan sisi dirinya yang lain.

 

Semua fans DELUHI cukup kaget begitu mendengar kabar bahwa Juri merilis solo album bergenre… POP!!

Juri nge-pop sodara sodara!! Juri yang teriakannya gahar itu, tau-tau bikin album pop!

Usut punya usut, ternyata si Juri ini emang dasarnya suka musik pop. Dia suka Maroon5, dan ternyata dia juga suka vistlip (tapi vistlip juga banyak yang musiknya cukup berat).

Dulu, waktu masih di DELUHI, Juri selalu bernyanyi dengan penuh teriakan dan meledak-ledak. Ternyata di balik kegaharannya itu, tersimpan jiwa pop yang lembut dan melankolis.

Oh my Juri… jadi selama ini kamu memenjarakan jiwa pop kamu demi DELUHI dan para fansnya? Ya ampun kamu so sweet!! :’)

 

Ga memungkiri ya, walaupun pada kenyataannya kita lebih cinta Juri dengan kegaharannya, tapi keberanian Juri buat menunjukkan jiwa bermusiknya yang asli patut dihargai, itu mengagumkan!! Butuh mental yang kuat untuk bisa seperti itu. *masa sih?*

Pantesan aja Juri kayak ga doyan headbang tiap DELUHI konser. Mungkin doi pusing kalau harus headbang. Ga apa, gerakan tangan yang memukul-mukul udara juga keren kok, selama Juri yang melakukannya. Jangan lupa, jogetnya Juri juga epic loh!

 

Ngomongin soal album solonya Juri, itu ada 2 type. Type A dan type B. Terus… ehem, seumur-umur, baru kali itu aku beli CD ori musisi Jepang yang aku suka. Aku beli yang type A, soalnya ada lagu Shade versi pianonya di situ. Yah walaupun setelah setahun lebih aku terpaksa harus jual CD itu karena sesuatu hal, tapi seenggaknya aku pernah benar-benar menghargai hasil karya dia. (Buat kak Ai, terima kasih banyak sudah membantu).

 

Yak! Jadi, album Blanche itu berisi 5 lagu baru bikinan Juri dan satu lagu DELUHI di masing-masing type.

 

LET’S GET TOGETHER NOW

Track pertama ini udah ngajak kamu joget. Liat aja judulnya, Let’s JOGET Together Now! Ya karena musiknya emang jogetis(?) banget sih, asik! Ini salah satu lagu Juri yang aku favoritin di album ini. Udah musiknya enak, suara Jurinya lembut, ah pokoknya kalau kamu dengerin ini kamu harus joget! Kalau kamu ga mau joget, biar Juri aja yang joget sendiri.

 

BLANCHE

Lagu yang oke. (ga ngerti mau jelasin lagu genre pop itu gimana)

 

YOU’LL NEVER WALK ALONE

Mau jadi romantis ceritanya Jur? Aaaaakkk~ apalah aku yang ga paham cinta-cintaan tapi dengerin lagu ini aja bisa senyam-senyum sendiri. Musiknya manis semanis yang nyanyi, lirik lagunya juga membual, eh, maksudnya romantis. Walaupun lirik lagunya banyakan pake bahasa Jepang, tapi aku tau dikit-dikit. Dasar, Juri tukang makan! Kenapa menurutku kamu manis banget siiiiiiiiihhhhh?? Kok bisaaaa??

 

MICHI

Sepertinya Juri lagi ngomongin soal karir. Eh ga tau juga deng. Lagunya kayak ngajakkin berjuang bersama gitu sih kalau diliat  dari liriknya. “Dari sini lah masa yang baru akan dimulai. Ga apa, karena aku juga sama. Yuk, kita sama-sama melangkah di jalan yang udah kita pilih itu! Percayalah, dan jangan nyerah!”. Semacam itu lah. Jadi makin cinta deh. Udah manis, bersemangat lagi. Anyway, “michi” dalam bahasa Jepang artinya “jalan”. Aaaaakk~ diajakin jalan sama Juri! *bukan gitu!* XD

 

MIRAI NO HIKARI

Mirai no hikari, atau bahasa Indonesianya “cahaya masa depan”. Ini kok kayak rada-rada nge-rap gitu ya? Ah, Juri, cute banget sih kamuh!

 

SHADE

Lagu lama DELUHI ini ada di type A album Blanche. Ini lah alasan kenapa aku lebih memilih beli yang type A, karena ada Shade nya. Dan Shade adalah salah satu lagu DELUHI favoritku karena permainan gitar Leda dan gebukan drumnya Sujk yang liar tapi nge-jleb. Di versi Juri ini, ga ada solo gitar, ga ada gebukan drum apalagi betotan bass, karena yang ada cuma piano dan suara lembut Juri yang [sok] menyayat. Apa banget bagian solo gitarnya Leda dibikin versi piano, sedihnya~ T_T

 

REMEMBER THE RAIN

Kelingan Udan.Versi aselinya aja udah manis loh ini, apalagi dibikin versi akustik ala Juri. Aaaaakkk~ Leda keren deh bikin lagunya. Oops! Juri juga keren kok aransemennya.

 

Begitulah Juri. Aku kagum sama keberanian dia buat keluar dari jalur dia yang biasanya.

Sekarang, Juri udah punya band baru, namanya Zero Mind Infinity, di situ juga ada Aggy, masih setia sama bassnya. Dan di band yang sekarang Juri kembali menggahar. ZMI baru ngeluarin 2 lagu, “Be Proud” sama yang baru dirilis belum lama ini, judulnya “Skyfall”.

Bahagia. Akhirnya aku bisa mendengar teriakannya lagi.

Juri, yang langgeng ya band-nya. Jangan tau-tau bubar, kan  ga lucu, masa baru rilis 2 lagu terus udahan? Mitamit ya! nanti kamu dikatain sama temen-temen kamu loh, “Eh Jur, band kamu bikin lagu apa bikin lubang hidung sih, kok cuma dua?” hayooo~ makanya, jangan bubar-bubar mulu kalau punya band!

 

Biar makin berkesan lagi nostalgia, aku kasih beberapa foto lama Juri ya…

juri-a-k-a-takuya
dulu sempat pakai nama Takuya, tapi ga tau kenapa dia ganti jadi Juri. mungkin biar ga ketuker sama Takuya UVERworld
jaman-jebot
jaman Two Hurt
bukan-member-boyband
ciiieee~ yang mirip boyband Korea

Asal jangan makan temen aja ya Jur!

 

Senyumnya~~

joget-ala-juri
Suna no Izumi itu lagu yang ala-ala Timur Tengah. harusnya Juri belly dance, tapi joget begitu juga epic sih. kamu bisa tiruin joget Arab ala Juri engga?
zmi
band barunya. Zero Mind Infinity

Udah malem nih. Aku harus download sesuatu.

Udah dulu ya. Thank you. Bye~

J-lover mode : OFF

Fangirl mode : OFF

Fujoshi mode : OFF

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s