UNDIVIDE, Angsa Brutal dari Jepang

Beberapa waktu lalu, teman fb-ku yang namanya sebut saja “Kaito LangitBiru”, nyetatus saran lagu metal. Terus aku ngomen dengan menyebutkan nama UNDIVIDE. Entah karena dasarnya lagi kangen Leda *efek nge-fujo sama si Mei* atau karena lagi kepikiran band itu aja makanya aku nyebut UNDIVIDE.

Terus ya seperti biasa, kalau lagi kangen bawaannya pingin ngerombeng di blog ala abege, sekaligus ngasih rekomen lagu cadas yang ga ada salahnya kamu cobain juga.

 

Tak kenal maka tak sayang. Begitu udah kenal terus engga sayang juga ga apa-apa sih. *paan nih?*

Kenalin~

UNDIVIDE, adalah nama band project bentukan Leda (ex.DELUHI). Setelah *ga tega ngetiknya* DELUHI bubar di tahun 2011, Leda sang leader membentuk sebuah band project bersama mantan drummer DELUHI, Sujk, dengan posisi vokal diisi sama om Kihiro (vokalis dari band Loka)

Mungkin setelah DELUHI disband atau bubaran Leda jadi pengangguran terus ga ada pemasukan, doi jadi ga bisa jajan, akhirnya dibentuklah band project itu.

11722-0zfrdfityr
UNDIVIDE tuh bentukannya gini. Sujk-sensei ceritanya nyoba rambut gimbal, tapi lama-lama engga betah.

Di band sebelumnya, DELUHI, musiknya heavy metal yang visual-kei banget ditambah ada nuansa Timur Tengah nya di beberapa lagu, kalau di UNDIVIDE ini musiknya heavy metal yang agak kebarat-baratan gitu. Kayakya.  Mungkin karena lirik lagunya yang full bahasa Inggris kali ya? Eh? Ya ga sih?

Sebagai penikmat musik cadas, bakalan sayang-sayang kalau kamu ga kenal sama lagu-lagunya UNDIVIDE. Dan di bawah ini aku mau kasih rekomen beberapa lagu UNDIVIDE yang kecadasannya bisa memanjakan telinga kamu.

 

FADING MATERIAL

Lagu ini adalah lagu UNDIVIDE favoritku, karena selain emang asik, di lagu ini ada teriakan cinta lamaku yang sampe sekarang aku masih cinta, bebep Juri, vokalis—ehem, mantan vokalis DELUHI yang kelembutan suaranya bikin damai dan teriakannya bikin [aku] belingsatan. Sayangnya di lagu ini si bebep Juri ongol-ongol engga nyanyi, doi cuma bantuin teriak-teriak alias scream doang! Terlepas dari scream  Juri sebagai pemanis [sekali lagi, sebagai pemanis], lagu ini layak nongkrong di playlist cadas kamu.

Coba deh, kamu klik ‘play’ aja udah disambut pake teriakan dan lengkingan gitar yang aduhai! Udah gitu gebukan drum  Sujk, ya ga usah ditanya lah ya! Lagu ini memang cadas, tapi bikin galau. Liriknya!! *atau mungkin ini karena kebaperan seorang fujoshi yang OTP-nya kandas gara-gara band kesayangannya bubar* XD

 

JEKYLL AND HYDE

Kegalauan yang dibalut dalam kecadasan! Sebelum lagu Fading Material yang tadi itu rilis, lagu ini adalah lagu galau UNDIVIDE terfavoritku.  Segalau-galaunya musisi metal kalau bikin lagu musiknya tetep bringas ya. Sebelas duabelas sama Fading Material sih, cuman yang ini ada kalemnya dikit. Kamu ga akan dikejutkan oleh scream dan lengkingan gitar di intro, karena lagu ini dibuka dengan sedikit sentuhan orchestra. Aku suka banget permainan drumnya Sujk di sini. Kedengerannya sih kayak dug dug dug doang, tapi kalau kamu jeli, kamu akan mendengar dobel pedal yang menggemaskan(?). Sayangnya selain lengkingan-lengkingan gitar, aku ga mendengar solo gitar Leda yang penuh atraksi memukau di lagu ini. Ga apa, tetep cinta lagu ini kok.

 

THE CATALYST

Seingatku, ini adalah rilisan pertamanya UNDIVIDE (tahun 2012).  Nuansa DELUHI nya masih berasa cukup kental. Sukaaaaa banget amukan drum Sujk yang diiringi scream Kihiro menjelang verse. Permainan gitar Leda pastinya epic banget, menambah semangat dengan lengkingan indah dan kebisingan-kebisingan ‘angsa’nya yang brutal. ‘Angsa’ itu si Cygnus, gitarnya Leda broh! XD

Solo gitarnya Leda sumpah, bikin aku makin gemes sama mantan bassist Galneryus yang satu itu!

 

SKIN

This is the real BRUTAL!! Lengkingan-lengkingan gitarnya mencekik, belum lagi vokal Kihiro yang bikin lagu ini terdengar lebih brutal. Tapi beneran deh, di lagu ini aku paling suka sama Leda, bahkan bisa dibilang permainan gitar Leda yang paling ‘mengancam’ ya di lagu Skin ini. Penuh dengan lengkingan yang mencekik pendengaran, tapi indah! Belum lagi atraksinya pas main solo! Aaaaaaakkkk~ sumpah, aku dibikin terlena sampe terklepek-klepek tiap menikmati solo gitarnya Leda di sini. Itu anak jari-jarinya terbuat dari apa sih? Apa dia punya nyawa khusus di setiap jarinya?

Udah dibikin meremang sama aksi Leda (dan Sujk tentunya), kamu masih harus merasa gemas karena vokal Kihiro di akhir lagu.

 

FIREBALL

Setiap melihat judul lagu ini, yang langsung muncul di pikiranku adalah strings Cygnus nya Leda yang kayak mau putus waktu solo gitar. Mirip-mirip sama Skin sih, cuman yang ini lebih easy dikit lah.

 

BLEED THE TRUTH dan MINDS UP, 2 lagu ini hampir sama sih, musiknya gitu-gitu deh, kayak yang udah aku sebutin di atas tadi. Pokoknya solo gitar Leda selalu memukau!  *udah mulai males jelasin*

 

Namanya juga band project ya, jadi engga langgeng, cuma rilis 2 album sih kayaknya. Lagian juga Kihiro nya masih aktif di Loka.

Tahun 2015, Leda bikin band lagi namanya Far East Dizain, masih sama Sujk juga sebagai drummernya. Sayangnya engga bareng sama bebep Juri dan Aggy lagi. Ya kali kalau mereka gabung ber-4 lagi udah jadi DELUHI season 2.

Far East Dizain (FED) sih di awal-awal rilisnya aku ga begitu nyangkut, kemungkinan besar karena aku kelewat baper, soalnya Juri ga diajak nge-band sama Leda lagi, jadi udah hilang selera duluan akunya. Tapi, beberapa waktu lalu, ketika Mei-chuu share tentang FED yang udah punya banyak rilisan, aku mencoba membuka hati, dan mulailah aku sikat semua rilisan FED dari awal sampe yang terbaru. Dan ternyata… Wah! Epic juga!! XD

Cukup nyesel dulu sempat mengabaikan FED. Maafkan aku yang baperan yah!

jaman-deluhi
konser terakhirnya DELUHI. Cantik ya! errr~ Cygnus nya! XD

leda-cygnus

Ngomongin soal Leda yang dulu sempat pakai nama Yuuto, aku berpikir kalau dia memilih nama “Leda” sebagai nama panggung karena terinspirasi dari mitologi Yunani.

Jadi, dalam mitologi Yunani, Leda adalah nama ibu dari si kembar Castor dan Pollux (rasi Gemini) yang selingkuh sama Zeus. Waktu itu Zeus menemui Leda dengan menyamar sebagai angsa. Nah, angsa, yang dalam mitologi Yunani di sebut sebagai Cygnus, adalah nama sebuah rasi bintang, yang memang bentuknya angsa.

Leda sang gitaris epic yang aku bahas dari tadi itu berzodiak Gemini, dan dia punya gitar andalan (soulmate-nya) yaitu Cygnus. Leda Yunani yang bermesraan dengan Zeus dalam wujud angsa (cygnus) di mitologi Yunani itu seperti Leda yang bermesraan dengan gitar Cygnus (angsa)nya di atas panggung! COCOK!!

Apakah ini sebuah kebetulan? Atau sekedar cocoklogi yang maksa?

 

 

-tamat-

 

Advertisements

One thought on “UNDIVIDE, Angsa Brutal dari Jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s