Musik Fantasi~BrunuhVille (part II)

Buat kamu yang udah pernah baca postingan blogku tentang Musik Fantasi pasti tau kan, nama komposer independen dari Portugal, BrunuhVille atau yang lebih enak dipanggil Bruno aja?

Jadi ceritanya, bulan Mei lalu, aku mendadak pingin nambahin koleksi lagu-lagunya BrunuhVille, terus aku main ke channel YouTube-nya Bruno , ternyata ada banyak lagu-lagu Bruno yang udah cukup lama dia upload tapi aku belum dengerin.

Dan di postingan ini aku mau share beberapa lagu Bruno yang baru aku dengerin bulan Mei lalu, siapa tau kamu lagi hunting musik fantasi terus nyari rekomen lagu-lagu fatasi apa aja yang enak buat dinikmatin.

So, check these out!

 

 

FOREVERMORE

Lagu ini baru diupload 2 bulan sebelum aku nemu. Waktu aku baru tau Bruno terus suka, Bruno belum bikin lagu ini. Jadi bisa dibilang lagu ini masih cukup anget. Aku suka lagu-lagu Bruno yang kayak gini. Baru di awal aja udah berasa banget fantasinya. Suara yang kayak alat musik tiup sejenis flute memang memberi kesan folk dan fantasi. Di pertengahan lagu ada part-part lembutnya, terus kayak ada suara biolanya gitu. Enak deh pokoknya!

 

TALES OF DRAGONIA

Ini juga masih lumayan anget. Pas dengerin intronya kayak mirip lagu Bruno yang apaaa gitu, lupa. Di sini ada suara drum sama sedikit gitar elektriknya, tapi kamu tetep bisa menikmati kelembutan lagu ini menjelang akhir lagu.

 

BIRTH OF LOVE

So romantic! Musiknya cuma pakai piano, terus ada kayak suara biolanya gitu, dan instrumen musik aerophone (alat musik tiup, alat musik tiup yang dipakai di musik-musik Celtic atau fntasi jenisnya macem-macem sih, dan bunyinya hampir sama, jadi aku sebut instrumen aerophone aja). Lagu ini indah banget! Manis, dan tetap ada nuansa alamnya.

 

ASCENSION

Sejenis kayak FOREVERMORE. Ada part yang pake drum sama ada choir-nya dikit. Aku paling suka di pertengahan lagu, cuma kedengeran piano sama instrumen aerophone, sampe menit ke 3, itu enaaaakkk banget, indah, bikin adem.

 

CHILDREN OF TH E WORLD

Sesuai sama judulnya. Lagu ini memang memberi kesan ‘anak-anak’ banget. Ada unsur keceriaannya, bikin semangat, tapi tetep indah dan bikin terharu, terus menjelang akhir lagu ada suara-suara tawa ceria anak-anak. It’s soooooo beautiful!

 

THE WOLF AND THE MOON (Celtic version)

Sebelumnya aku udah pernah dengerin The Wolf and The Moon tapi yang bukan versi Celtic. Cuman aku lupa yang kayak gimana soalnya udah aku hapus sih, kurang nyangkut. Tapi yang versi Celtic ini aku langsung suka! Sumpah ini indah banget, bener-bener Celtic. Dengerin ini berasa lagi di hutan yang indah dan damai *aaaakk~*

Instrumen aerophone-nya  bikin hati remuk, udah gitu ada suara cewe “aaaa aaaa” lagi :’D

Lagu ini cocok banget buat menyendiri dan mencari ketenangan.

 

 

DREAMS (feat. Sharm)

Setelah kamu menyendiri sok bijak kayak tadi sambil dengerin The Wolf and The Moon versi Celtic, kamu pun merasakan ketenangan dan kedamaian, kemudian dengan pikiran tenang, kamu mulai ingat akan mimpi-mimpi kamu yang ingin dicapai. Lalu secara random, playlist pun memutar lagu DREAMS ini, dan begitu dengerin lagu ini kamu jadi semangat lagi buat mengejar mimpi-mimpi kamu. Musiknya yang lembut namun tegas membangkitkan semangatmu. Ditambah kata-kata bijak dan puitis yang dilantunkan oleh princess Sharm, serasa mendengar petuah dari ibu peri.

“This is the beginning… the beginning of the dreams…”

 

THE SONG OF THE DRAGONBORN

Bagi kamu yang doyan nge-game, pasti tau The Elder Scrolls V : Skyrim dong? Kalau aku sih engga tau. Aku sedikit taunya tentang Jeremy Soule, komposer yang memang kerjaannya bikin lagu-lagu trailer buat film atau game. Dan lagu The Song of the Dragonborn ini adalah lagu ciptaannya Jeremy Soule, soundtrack-nya The Elder Scrolls V, cuman diaransemen sama BrunuhVille, terus yang ngisi part vokalnya ya princess Sharm. Kayaknya Bruno emang udah milih Sharm buat jadi vokalis di lagu-lagunya kali ya? *ngomong-ngomong, Bruno kan pingin banget bisa kayak Jeremy Soule*

Aku sih ga tau versi asli dari lagu ini kayak apa, tapi dari beberapa lagu bikinan Jeremy Soule yang udah pernah aku coba dengerin, kebanyakan musiknya ya musik trailer, yang ada hentakan “dum-dum-dum”nya gitu. Apasih, susah jelasinnya, ga ngerti ah. Ya mungkin versi asli lagu ini kurang lebih gitu lah ya, tapi yang jelas aku suka banget versi aransemennya BrunuhVille!

Intronya dibuka dengan petikan gitar. Lagunya cukup menyayat bagi aku, ada part-part sedihnya gitu. Terus di sini liriknya ada 2 bahasa, bahasa Inggris sama satunya lagi bahasa apaaa gitu.

Liriknya gini :

Dovahkiin, Dovahkiin… Nal ok zin los vahriin…Wah dein vokul mahfaeraak ahst vaal… Ahrk  fin norok paal graan… Fod nust hon zindro zaan… Dovahkiin fah hin kogaan mu draal.

Tuh kan, gitu? Kalau diliat-liat sih hampir mirip bahasa Belanda atau Jerman gitu ya, tapi ternyata bukan. Menurut jawaban dari para penduduk di forum-forum game, bahasa ke 2 yang dipakai di lagu itu adalah bahasa Naga, atau disebut Dragonish, bahasa itu diciptakan sendiri sama pembuat video game nya, sama kayak bahasa Elf yang diciptakan sama penulis LOTR gitu kali ya? Keren ya mereka, bisa bikin bahasa sendiri.

 

THE ESSENCE OF LIFE (feat. Sharm)

Di postingan sebelumnya, lagu ini udah aku masukkan ke daftar lagu BrunuhVille favoritku, tapi yang versi instrumentalnya. Nah, pas bulan Mei aku main ke channelnya Bruno, aku baru tau kalau ternyata salah satu lagu favoritku ini ada yang versi vokal. Mau yang versi instrumental atau vokal, dua-duanya sama-sama menyayat, sama-sama bisa menggetarkan hati, sampe bikin merinding.

 

DARKEST NIGHT

Ngomong-ngomong soal merinding, lagu ini juga bisa bikin merinding, tapi merindingnya beda, bukan merinding karena mendayu syahdu, tapi merindingnya yang beneran. Dengerin ini berasa kayak lagi tinggal di tempat yang penuh dengan ancaman. Musiknya mengancam banget, udah  gitu ada suara teriakan perempuannya, terus ada efek-efek suara entah apa, mungkin suara lolongan(?) naga raksasa yang sedang beraksi memporak-porandakan suatu kota. Ngeri deh pokoknya! Aseli, ngeri! Apalagi sambil liat visual art di videonya.

Tapi musik-musik yang kayak gini tuh epic!! Ya ga sih?

 

 

CRY OF THE DRAGONS (feat. Sharm)

Jadi ceritanya abis memporak-porandakan kota itu, si naga nyesel, karena ternyata di situ lah tempat disembunyikannya telur naga yang selama ini dia cari, dan telur yang disembunyikan oleh para manusia itu ikutan lenyap, si naga jadi nyesel deh, terus nangis. Ahaha… engga ya, engga gitu ceritanya.

 

Mungkin naga-naga yang dengerin lagu ini bisa ikutan nangis, abis, musiknya emang sedih sih.

 

 

 

SPIRIT OF THE WILD

Daritadi yang diomongin naga terus, hewan-hewan yang di hutan apa kabar? Kabar mereka baik-baik aja kok. Terbukti dari lagu Spirit of The Wild ini. Musiknya ada nuansa-nuansa alam dan hutan rimbanya gitu, tapi ada hentakan-hentakannya juga, jadi cukup bisa membangkitkan semangat kamu.

 

 

SONS OF THE STORM

Setelah mendapatkan semangat dari alam liar gara-gara dengerin Spirit of the Wild, kamu pasti bakalan lebih semangat lagi begitu dengerin lagu ini.

Yang ini agak sedikit beda. Bruno banyak memasukkan unsur instrumen elektrik di sini. Masih inget lagu Tales of Dragonia yang aku bahas di awal-awal tadi? Ya gitu deh kira-kira, ada unsur elektriknya, tapi yang ini beat-nya lebih kenceng. Kalau dengerin lagu-lagu Bruno yang ada unsur instrumen elektriknya aku jadi inget musik bikinan Antti Martikainen, mirip-mirip sih.

 

 

AGE OF WONDERS

Lagu berdurasi 7 menit 26 detik ini cukup dinamis, jadi walaupun durasinya mayan lama aku engga bosen dengerinnya. Dari mulai yang pakai dentingan piano aja, terus mulai masuk semacam orchestranya gitu, dari musik yang tadinya adem-adem aja terus berubah jadi menegangkan, ada choir-nya, terus jadi adem lagi malah kesannya jadi sedih, dan di menit ke 6 ada nuansa-nuansa Celticnya, aduh ada-ada aja deh Bruno!

 

Ngomong-ngomong, aku kok udah ngantuk ya? Ga berasa lanjutin ngetik ginian udah nyampe 4 halaman aja. Kamu juga mungkin udah capek ya baca ini?

Oke deh, biar ga kepanjangan, aku kasihtau judul-judulnya aja ya! *gitu kek daritadi*

 

  • HERALD OF JUSTICE
  • NORTHWIND
  • SONG OF THE NORTH
  • THE RIVERLANDS
  • THE VOICE OF THE FOREST
  • WINTER’S TALE
  • THE REALM OF THE FALLEN KING (feat. Sharm)
  • MOTHER EARTH
  • FALLS OF GLORY

 

Oh iya, ada satu lagu favorit aku yang harusnya aku masukkin ke postingan pertama, cuman kelupaan, judulnya THE ELVEN PROPHECY (mungkin pengisi suara di lagu ini ya siapa lagi kalau bukan Sharm, dan itu kedengeran kayak suara elf perempuan, it’s beautiful song!).

 

Kemarin-kemarin kan BrunuhVille rilis album baru, judulnya “Age of Wonders”, isinya sih hampir semua udah aku bahas di atas, dan ada bonus track judulnya OKAMI, durasinya cuma 2 menitan sih, tapi cukup enak buat dinikmatin, dan kalau diliat dari judulnya pasti udah ketauan kalau lagu ini musiknya ala-ala Jepang gitu. yaps!

a0265700297_10

Ngomong-ngomong, ada satu independen komposer yang aku suka lagi loh! Baru suka kemarin karena baru nemu. Namanya….

Bahas nanti aja deh ya.

Sekian dulu. Thanks udah mampir.

One thought on “Musik Fantasi~BrunuhVille (part II)

Leave a Reply

