Musik Indie Folk

Hasrat pencarian musik folk-ku muncul lagi nih, setelah beberapa waktu lalu, Leo-chuu, temen facebook aku, ngasih tau tentang Birdy dan AURORA.

Sebenernya aku udah sering denger genre musik indie folk, cuman waktu itu belum tau nama genre-nya apa. Nah, belakangan ini aku lagi hunting musisi-musisi yang alirannya indie folk. Jadi itu tuh musik folk, yang lebih minim instrumennya, misal kayak cuma pake gitar akustik, piano, biola, drum dikit sih, mungkin kalau ada drumnya gitu bisa dibilang indie folk campuran, kayak indie folk-rock, indie folk-pop, gitu-gitu lah.

Dan di sini aku mau bahas tentang beberapa musisi yang mengusung aliran indie folk. Mulai dari…

GABRIELLE APLIN

Wah, kalau Aplin sih aku udah suka sejak tahun 2013an, waktu ga sengaja liat video klipnya yang The Power of Love di TV.  Cuman pas itu belum tau kalau doi alirannya indie folk.

gab_plin

Musisi cantik kelahiran 10 Oktober 1992 ini mulai aktif sejak tahun 2008, dulu dia tuh artis YouTube, terus mulai ngeluarin album tahun 2012. Video klip The Power of Love-nya mayan jadi racun. Baru denger aja udah suka. Lagunya indah, udah gitu Aplinnya main piano.

Ga cuma jago main piano, musisi berkebangsaan Inggris ini juga jago main gitar, dia udah mulai belajar main gitar dari umur 11 tahun. Suaranya lembut, kedengeran kayak lebih muda dari usianya. Lagu-lagunya Aplin itu anak muda banget, sesuai sama usianya yang emang masih muda.

Dan ini adalah lagu-lagu Aplin yang nyangkut di telinga aku :

The Power of Love, lagu ini ada kesan fantasinya, aku suka. Dentingan piano dan suara sendunya Aplin kedengeran nyayat parah. Ngomong-ngomong, Aplin sempet khawatir bawain lagu ini, takut coverannya gagal dan lebih jelek dari aselinya terus jadi banyak yang benci sama dia. Ah, mbak Aplin, segitunya. Kamu ngecovernya keren kok! XD *padahal aku berlum pernah denger versi aselinya*

The Liar and the Lighter, ini juga cuma pakai instrumen piano. Lagunya lumayan emosional(?)

Lying to the Mirror, suara gitar akustik menjadi pembuka lagu ini. Manis, ringan, kalem, enak buat nemenin santai kamu.

Please Don’t Say You Love Me, judulnya udah ke-PD-an gitu ya. Ini hampir sama kayak Lying to the Mirror, pakenya instrumen gitar akustik, tapi yang ini lebih kalem lagi. Ngomong-ngomong, lagu ini adalah lagu pertama Aplin masuk major label.

Ghost, lagu yang dibuka pakai petikan gitar ini mayan emosional juga menurutku. Aku suka tiap Aplin menyanyikan nada-nada tinggi.

November, aku suka lagu ini bukan karena judulnya itu bulan kelahiranku ya, tapi karena lagu ini memang enak didengerin. Bagian chorusnya aku suka, walaupun simple. Di sini pakainya gitar elektrik, tapi lagunya tetep manis sih.

Alive, ini juga ada kesan fantasinya, terus ada kayak sedikit orchestra-orchestranya gitu (maap kalau sotoy). Suka banget lagu ini.

Keep on Walking, ini nih… lagu ceria dari Gabrielle Aplin yang aku suka. Teenagers banget. Tapi kayaknya ini lagu tentang orang yang berhasil move on, mungkin.

Through the Ages, satu lagu yang sungguh menyayat dari Aplin. Musiknya aduuuhh… so touching *halah* Pertama kali dengerin ini aja aku langsung kebawa sedih gitu, padahal ga tau juga lagunya tentang apa, cuman sedih aja gitu denger musiknya. Dentingan pianonya itu… ditambah suara Aplin yang emang udah nyayat bawaannya. Kamu pasti bakalan nangis dengerin lagu ini…. Kalau dengerinnya sambil ngupas bawang merah terus ditaroh di mata. Nangis!

My Heart, ini lagu coverannya PARAMORE, dibikin versi piano sama Aplin. Aku ga tau ini masuk album apa engga, aku cuma nemu aja pas download *plakk!!* Padahal ini mayan enak loh, sayangnya di akhir ada suara drum yang bikin lagu ini jadi kurang enak dinikmatin. Itu siapa sih yang main drum? Kurang enak dengernya.  Jangan-jangan mbak Aplin lagi iseng aja? -_- *ditampol*

Home

Hurt

Salvation

3 lagu terakhir itu juga enak, cuman males jelasinnya aja satu-satu, soalnya musiknya mirip-mirip.

aplin

 

Selanjutnya ada…

BIRDY

birdy

Jadi, beberapa waktu lalu, temen facebook aku yang namanya Leochuu, ngenalin aku ke Birdy sama AURORA *dejavu. Kayaknya udah ngetik kayak gini di awal*. Aku bener-bener asing sama 2 nama itu, padahal mereka masih ada di zona folk. Pas kenal Birdy lewat Wiki, aku jadi penasaran kan, trus pas download lagu-lagunya terus dengerin, wah ternyata mayan juga nih.

Sedikit bionya, Birdy punya nama aseli Jasmine Lucilla Elizabeth Jennifer van den Bogaerde. Itu nama apa cerita sih?

Birdy lahir 15 Mei 1996, lebih muda 2 tahun dari aku X’D *yaterus?*

Sama kayak Aplin, Birdy juga udah mulai aktif sejak tahun 2008, waktu itu dia memenangkan kompetisi Open Mic UK. Wah, masih muda banget ya! Tahun segitu aku masih kelas 2 SMP *masa? bodo!*

Birdy rilis album pertama berjudul BIRDY di tahun 2011, dan album itu jadi nomer 1 di Australia, Belgia, dan Belanda. Wow!!

Album ke duanya berjudul Fire Within, rilis tahun 2013, dan yang terbaru album Beautiful Lies baru rilis bulan Maret 2016 kemarin. Karena masih anget, jadi aku belum nemu link donlot album terbarunya XD *dikeplak*

birdy-firewithin

Secara fisik, Birdy ini emang menarik, cantik, manis, menawan, dan kamu akan merasakan ada aliran darah bidadari tiap liat dia. Cantik banget mamen… aku aja gemez liatnya >////<

Tapi keindahan Birdy ga cuma ada di fisiknya aja, kemampuan bermusiknya, lagu-lagunya, juga ga kalah indah.

Coba aja dengerin beberapa lagu Birdy ini, kayak lagu Birdy yang paliiing aku suka :

Words as Weapon, tadinya mau bikin postingan khusus buat lagu ini karena aku suka suka suka sukaaaa banget. Lagunya tuh… ngena. Padahal aku sih ga ada apa-apa sama liriknya, tapi menurutku lirik lagunya tuh apa banget. Kayak mengungkapkan ketangguhan seorang cewe walaupun udah disakiti sama cowonya, tapi bukan tangguh yang terus tetep cinta apa gimana, di sini kayak ada aura dendamnya gitu. Video klipnya serem, serasa nonton film horror. Konsepnya emang dibikin horror gitu sih. Jadi si cowo tinggal di sebuah rumah tua di mana di dalam rumah itu masih ada arwah Birdy yang masih pingin membalas dendam sama si cowo itu. Ah, pokoknya keren banget lah lagu ini. Video klipnya juga!!

Words as Weapon ini ada 2 versi. Versi band yang kayak di video klipnya, dan versi akustik. Aku sih lebih suka yang versi akustik, lebih ngena.

Skinny Lovevideo klipnya mengingatkan aku sama video klip Aplin ‘The Power of Love’. Ini adalah lagu coveran dari musisi Bon Iver, yang juga mengusung aliran indie folk. Versi aselinya sih ngebeat, tapi dengan skill main pianonya, Birdy berhasil menyulap lagu ini jadi lagu yang lebih indah dan enak dinikmati. Lagu ini dirilis waktu Birdy masih umur 14 tahun, pas lagi unyu-unyunya, eh, sekarng sih tetep unyu ya~ XD

birdyunyu
unyu kaaaan?

People Help the People, ini juga lagu coveran, cuman ga kayak Skinny Love yang full piano, ini ada instrumen drumnya. Lagu ini juga dirilis pas Birdy masih umur 14 tahun.

Keeping Your Head Up, musiknya ga gitu folky, cuman tetep ada pianonya sih.

Beautiful Lies (acoustic version)

No Angel

Home

Shine

Strange Birds

 

Kebalikannya Aplin, kalau Birdy ini suaranya terkesan lebih dewasa dari usianya, menurutku. Lagu-lagunya banyak yang surem.

Dengerin suara Birdy yang bawain lagu-lagu surem terus sambil liatin wajah Birdy itu rasanya pingin meluk dia banget.

Kayak… “Ya ampun adek…kamu tuh masih muda, jangan surem-surem amat” dan liat wajah bidadarinya tuh jadi kayak… “Adek cantik, jangan nangis ya… nanti kecantikan kamu luntur loh~”  gitu. Kok garing ya?

bidadari dari mana
“Kamu tadi ke sini naik apa?”  |  “Naik ojek”  |  “Hah? Emang di negeri bidadari ada ojek??”  |  “…”

Apapun, pokoknya Birdy udah jadi salah satu musisi favorit aku.

Lanjut ke satu musisi indie folk yang dikenalin juga sama Leochuu, namanya…

AURORA AKSNES

Aurora Aksnes, penyanyi kelahiran 15 Juni 1996 ini asalnya dari Norwegia. AURORA mulai aktif sejak tahun 2012. Mendengar asal negaranya, aku coba nebak, kayaknya lagu-lagu AURORA ini ada kesan Celtic-Celtic nya gitu deh. *sotoy* XD

Aurora termasuk musisi indie folk yang sebenernya alirannya lebih ke jazz  kali ya? Gak tau juga sih aku.

Daripada gak jelas gitu aku nya, mending kamu coba dengerin sendiri beberapa lagu Aurora yang menurutku kamu harus dengerin :

Runaway

Running With the Wolves

Awakening

Conqueror (ost. FIFA 2016)

Sayangnya sejauh ini cuma segitu aja lagu AURORA yang bener-bener nyangkut di telingaku. Aku suka karakter suaranya AURORA, suka banget. Tapi aku belum lengkap download lagu-lagunya AURORA, mungkin nanti kalau udah lengkap ada yang nyangkut lagi. Ntar ditambahin deh kalau ada XD

 

~~~~~~~~~

 

Yak! UPDATE!! UPDATE!!! UPDATE!!!

(Selasa, 11 April 2017)

Aku udah lengkapin download lagu-lagunya AURORA nih gaes!!

Ternyata banyak lagu enaknya loh!

PUPPET

BLACK WATER LILLIES

HALF THE WORLD AWAY

HOME

I WENT TOO FAR

LA LA LA

LITTLE BOY IN THE GRASS

LUCKY

THROUGH THE EYES OF A CHILD

WINTER BIRD

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

 

auroraaksnes-

Ngomongin soal lirik, lirik lagunya AURORA tuh bukan kayak lirik anak muda, itu tu lebih dalem semacam lirik tentang ngejar mimpi, kehidupan, ya gitu-gitu deh, kayak bukan anak remaja banget. Tapi itu keren, liriknya punya makna mendalam.

 

Selain mereka bertiga, aku nemu lagi nih, beberapa musisi indie folk yang… ya lumayan bagus lah.

(kalau yang ini aku emang sengaja nyari)

LAUREN AQUILINA

Lengkapnya Lauren Amber Aquilina, penyanyi asal Inggris yang juga masih muda. Gadis kelahiran 23 Juni 1995 ini udah mulai nyanyi sejak umur 8 tahun, dan mulai main piano sejak umur 9 tahun.

Suaranya sih menurutku ga begitu unik. Standar lah. Tapi lagu-lagunya lumayan enak juga, kayak : Sinners, Fool, Ugly Truth. Segitu dulu sih, soalnya download-anku belum lengkap XD

Ada lagi yang sejenis Lauren, namanya

ORLA GARTLAND

Sama kayak Aplin, Orla ini juga artis YouTube, berawal dari video-video coveran yang di-upload di YouTube, terus akhirnya masuk label. Musisi berkebangsaan Irlandia kelahiran 3 Februari 1995 ini mulai bermain gitar sejak usia 12 tahun, dan lagu-lagunya juga lebih banyak yang dominan gitar sih. Sampai sekarang aku belum nemu lagu-lagunya Orla yang pakai piano.

Musiknya Orla lebih anak muda, lebih nge-beat, tapi sayangnya ga banyak yang nyangkut di telinga aku. Cuman 2 doang, yang judul Human sama Whispers.

Yang Human itu enak deh, coba aja dengerin.

Ngomong-ngomong, Orla juga pernah nge-cover lagu Skinny Love, cuman lebih mirip sama versi aselinya, soalnya sama-sama pakai gitar akustik.

Yak! Segitu dulu deh.

 

Makasih udah mampir ^_^

Spesial makasih buat Leochuu yang udah ngenalin aku sama Birdy dan AURORA. Kamu tau aja sih selera aku XD

 

~~~~~~~~~

UPDATE LAGI!!

Kabar duka. Beberapa bulan lalu, aku dapat kabar kalau Leo-chuu udah meninggal karena sakit.

Kita cuma sebatas teman maya, tapi tawa dan canda kita itu nyata. Thanks a lot buat semuanya. Love u. Rest in peace ya, Leo-chuu T_T

Advertisements

3 thoughts on “Musik Indie Folk

  1. haha aku dari lagi indie folk lebih suka aurora sih, suaranya itu loh. oh god, merdu sekaleeee😳
    cobain lagu coveran dia yg nature boy, atau yang ada semua di album dia. bagus bangeet😄

    Like

    1. Dari segi suara AURORA emang lebih unik. Yg Nature Boy aku lupa yg kayak apa. Abisan dr sekian lagu dia yg aku dengerin aku nyangkutnya cuma dikit 😂 sayang bgt padahal suara dia dan cara nyanyinya unik. Thanks udh mampir.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s