SCHANDMAUL, folk-rock band dari Jerman

SCHANDMAUL

Band ini udah dibahas di postingan sebelumnya, cuman kurang detail.
Postingan kali ini mau bahas Schandmaul lebih detail lagi, sayangnya cuma ngambil dari Wiki, info tentang Schandmaul lumayan susah dicari, kebanyakan pake bahasa Jerman, dan aku ga paham sama sekali sama bahasa Jerman X’D
Ada translator tapi males nranslate :v

Cekidot~
SCHANDMAUL, band asal Munich (Jerman) ini dibentuk tahun 1998. Musik Schandmaul ber-genre medieval folk rock. Band ini beranggotakan 6 personil :
Thomas Lindner sebagai vocalist, kayak vokalis band-band folk umumnya, dia ga cuma nyanyi tapi juga mainin beberapa instrumen, biasanya doi main gitar elektrik dan mandolin/mandola (sejenis alat musik tradisional kayak gitar akustik).
Birgit Muggenthaler-Schmack, yang megang shawm, alat musik tiup sejenis flute, kadang juga megang bagpipes, ya sama-sama alat musik tiup sih, betewe bu Birgit ini paling anti masuk angin, karena anginnya dia buang-buang terus tiap nge-band.
Anna Kränzlein, violinist, kadang megang hurdy-gurdy, sama nge-backing vocal. Martin Duckstein, Matthias Richter, dua orang itu aku kurang tau yang mana orangnya, aku belum bisa bedain, pokoknya dua orang itu megang gitar sama bass. Dan yang terakhir, mas Stefan Brunner, di posisi drum. posisi dia juga ada di hati akuh.
Nama “Schandmaul” sendiri artinya “Evil Tongue”.
Musik Schandmaul ini unik!! Folk nya kentel, rock nya juga berasa banget.
Cocok juga buat pecinta musik folk yang ga gitu betah dengerin musik metal.

maxresdefault

Album pertamanya, “Wahre Helden” dirilis tahun 1999. Di tahun 2001, Schandmaul rilis album berjudul “Von Spitzbuben und Anderen Halunken”, aku ngetik judul album yang ini satu huruf nyontek satu huruf nyontek XD
Album ke tiga judulnya “Narrenkönig”, dirilis tahun 2002. “Wie Pech & Schwefel” (2004), “Kein Weg zu Weit”, “Mit Leib und Seele” (2006), “Anderswelt” (2008), “Traumtänzer” (2011), “Unendlich” (2014).

Lagu-lagunya Schandmaul udah banyak banget emang, tapi baru sekitar 60 biji yang aku punya. Dan aku masih penasaran sama lagu-lagu mereka yang belum ada di folder Schandmaul nya aku T_T
Nyarinya susah, download per album link nya ga nemu-nemu, download mp3 eceran adanya cuma segitu. Ya segitu, cuma beberapa.
Ada band yang musiknya keren, tapi ga terkenal, dan link download albumnya hampir engga ada, di situ kadang saya merasa pingin geplak mas Stefan X’D

mas Stefan

sch

Band ini emang ga terkenal di Indonesia, tapi di luar sana mereka udah punya cukup banyak fans.

Ok deh, langsung aja ke lagu-lagunya.
Dari sekian biji lagu Schandmaul yang aku punya, ini yang aku suka :

1. Missgeschick
Ini lagu Schandmaul yang paliiiiing aku suka. Perpaduan biola sama shawm nya enak banget. Indah XD

2. Bis Zum Morgengrauen
Di awal lagu sih kalem gitu, kedengerannya pake gitar akustik, tapi pas masuk chorus jadi beda banget! So rock! XD
Yang unik, di pertengahan lagu ini ada sentuhan-sentuhan semacam musik country nya gitu dikit, terus nyambung ke nuansa musik Timur Tengah *kalo aku ga salah denger*. Pokoknya part itu ditunggu banget di lagu ini. Keren!

3. Lichtblick
Sentuhan rock masuk di menit ke dua, instrumen musik modern, fiddle, sama shawm nya nyampur. Terus juga ada solo gitarnya.

4. Der Untote
Ini agak sedikit beda, rocknya berasa banget sampe hampir mirip kayak metal, suara gitarnya lebih berat. Rada horror gitu sih.

5. Walpurgisnacht
Ini sejenis sama lagu Lichtblick. Cuman kalo menurut pendengaranku sih, tante yang biasa pegang shawm di lagu ini dia mainin hurdy-gurdy.

6. Sonnenstrahl
Lagu ini selow. Dan kayaknya ni lagu ga ada chorusnya. Begitu-begitu doang soalnya. Tapi yang bikin aku suka, menjelang akhir lagu, telinga ini dimanjakan sama permainan biola yang menurutku enak.

Masih banyak sih yang aku suka, kayak Sichelmond, Mittsommer, Die Flucht, Traumtänzer, Trinklied, Die Drei Prüfungen, Der Tyrann, Zweite Seele, Der Schatz, Der Alchemist, Herren der Winde, Frei, Der Letzte Tanz. Terus udah XD

Pokoknya Schandmaul itu keren parah! Walaupun lirik lagunya ga ada yang pake bahasa Inggris dan liriknya aku bener-bener ga ngerti, tapi musiknya tetep enak dinikmati.

Schandmaul

Gitu aja deh. Makasih yang udah mampir ^o^)//

3 thoughts on “SCHANDMAUL, folk-rock band dari Jerman

Leave a comment