Curcol ~DragonForce~

Hay, gaes~ ^o^)//
Rasanya lumayan lama nih aku ga insomnia, jadi ga utak-atik lepi butut buat bikin postingan blog. Maklum deh, sekarang aku udah ada kerja sampingan sampe jam 9 malem, jadi pulang pulang udah ngantuk, ga sempetin buat nganggur depan lepi XD
So, sekarang aku ga insomnia lagi. Tapi hari ini lagi libur, jadi malemnya bisa nganggur. Haha…
Ok, cukup basa-basinya.

Postingan kali ini aku mau curcol dan bahas soal salah satu band power metal favoritku. DRAGONFORCE!! >_<

df
Band hebat asal London, Inggris ini udah terkenal banget, jadi kayaknya aku ga perlu kenalin sampe detail deh.
DragonForce dibentuk oleh 2 gitaris (mas Herman dan kang Sam) tahun 1999. DF udah sering gonta-ganti personil. Vokalis pertamanya ZP Theart (Zaenal Pamuji Theart)*CORET* udah diganti sama Marc Hudson sejak tahun 2011. Plis, jangan diganti lagi ya :’)
Bassist, keyboard, sama drummernya juga udah sering gonta-ganti sampe berapa kali. Denger-denger, tahun 2014 kemarin drummernya udah ganti lagi. Yang istiqomah cuma 2 gitarisnya, mas Herman dan kang Sam (samsudin?) XD
Kalau ada 1 dari 2 gitaris itu yang sampe diganti, bisa amsyong, mitamit deh!

Dan para personil DragonForce yang sekarang : Sam Totman (gitar), Herman Li (gitar), Marc Hudson (vocal), Vadim Pruzhanov (keyboard), Frederic Leclercq (bass), Gee Anzalone (drummer). Drummernya masih anget tuh, baru diganti tahun kemarin XD

Soal musiknya… aduh, kayaknya aku kehabisan kata-kata buat menggambarkan musik DragonForce. Daripada susah-susah menggambarkan atau menuliskan gimana emejingnya musik DF, mending dengerin aja sendiri lagu-lagunya.

Oh iya, ada satu fakta unik dari DF. Para personil DF itu udah sepakat buat engga tattoo-an!
Wow! Keren ya! Selain bebep Juri nya aku, aku jarang banget nemu member band metal yang bersih dari tattoo.

Cerita dulu nih…

Kemarin-kemarin aku lewat depan penyewaan PS, terus ada yang lagi main game Guitar Hero. Dan yang pertama kali terlintas di pikiranku adalah DragonForce.
Game itu selalu mengingatkan aku sama DF. Soalnya gara-gara Guitar Hero, aku jadi kepincut sama lagunya DF.
Sekitar tahun 2012, waktu aku masih kelas 3 SMA, aku dibikin tercengang pas denger lagu power metal yang indah banget!
Waktu itu adekku lagi main PS di rumah, mainnya game Guitar Hero, kebetulan pas itu dia milih lagunya DF yang judul “Through the Fire and Flames”. Aku ga sengaja denger dari kamar, dan aku langsung berpikir “Lagunya enak!”, terus pas mulai masuk ke solo gitar, aku makin klepek-klepek. Gimana engga, siapa yang engga meleleh telinganya dimanjain sama permainan melodi-melodi gitar yang suuuupppeeerrrrr asdfghjkl~ dengan durasi yang lumayan panjang?
Waktu itu pengetahuanku tentang lagu-lagu metal emang belum luas (sekarang juga belum luas sih), jadi pas dengerin melodi gitar kayak gitu aku kagum banget. Tapi sampai sekarang pun aku masih ga bisa buat ga mabok setiap kali dengerin gitarnya DF. Ya karena permainan 2 dewa gitaris DF itu memang lebih dari luar biasa! >_<

Sebelum aku denger lagunya DF, gitaris band metal yang paling aku kagumi itu Leda, gitarisnya DELUHI, band Jepang yang udah bubar. Aku pikir, orang-orang seperti Leda (dan Shu, gitarisnya Galneryus) itu jari-jemarinya memang punya nyawa sendiri buat mainin permainan gitar yang… atraktif? XD
Tapi setelah kenal DF… ah, anjir!! Kayaknya nyawa di gitar duo dewa gitaris itu sama nyawa di jari-jarinya emang udah ditakdirkan buat bersama! Meuni ngeklop siah! X’D *lebay*
Walaupun di luar sana masih ada gitaris-gitaris yang skill nya sebanding atau bahkan lebih dari Herman dan Sam, tapi sumpah… Herman Li sama Sam Totman itu… permainan gitarnya… #$%^&*(~@#$%^ *aku pingsan*

Ga dipungkiri, di DF, yang jadi ujung tombaknya ya 2 gitaris itu. Walaupun skill para personil lainnya juga hebat, tapi tetep, solo gitar Herman sama Sam itu yang paling ditunggu-tunggu dan diincer sama pendengarnya.
Dan duo atau solo gitar mereka yang ‘ajaib’ itu lah yang bikin lagu-lagu DF durasinya jadi panjang melebihi panjangnya rambut mas Herman Li :v

Selain durasi lagu yang panjang, permainan gitar yang aduhai, ada lagi ciri khas DF yang bikin aku makin cintah sama mereka, yaitu lirik lagunya. Lirik lagu-lagunya DF itu lebih banyak berbau fantasy. Bagi aku yang suka cerita-cerita mitologi dan musik fantasy, lirik lagu yang isinya fantasy jadi daya tarik tersendiri. Dilihat dari judul lagu aja udah berasa fantasy nya.

Seperti biasa, kalau udah curhat soal musisi atau band tertentu, bagi aku rasanya kurang afdol kalau ga bahas lagu-lagunya.
Dan ini adalah beberapa lagu DF yang jadi favorit aku.

Through the Fire and Flames
Lagu ini udah terkenal banget dan mungkin ini lagu DF yang paling terkenal karna dipake buat game Guitar Hero XD
Ini lagu DF yang aku dengerin pertama kali secara ga sengaja, dan aku langsung klepek-klepek terus mulai nyari video sama lagu-lagunya.
Lagu ini indah banget, aseli! Susah diungkapkan pakai kata-kata >_<
Pokoknya lagu DF favoritku yang nomer satu.

Where Dragons Rule
Ini lagu DF favorit aku yang ke dua, tapi paling sering masuk playlist ‘Lullaby’ di hp aku karena lagunya cukup syahdu. Awal lagu dibuka dengan denting piano, terus vocalnya mulai masuk, masih diiringi cuma pake piano/keyboard. Yang paling aku suka di part ini adalah efek bunyi-bunyian alam(?) sama suara flute nya, berasa dengerin musik folk walaupun cuma beberapa detik nuansa folknya. Abis itu suara gitar sama drumnya mulai masuk, udah mulai berasa nih amukannya XD
Dan yang pasti solo gitar dari 2 dewa gitar DF selalu lebih dari luar biasa, walaupun durasi lagunya cuma 5 menit 49 detik, tapi telinga ini cukup puas dimanjain sama melodi-melodi gitar mereka.
Entah kenapa, bahkan dibandingkan sama lagu-lagu slownya DF atau lagu ‘ngamuk’nya DF, lagu ini terdengar menyayat dan berasa galau bagi aku :’)
Mungkin karena lagu ini seperti menggambarkan dunia jaman sekarang yang sedang berjalan menuju kegelapan karena diatur sama para ‘dragon’. *authornya sotoy*

E.P.M (Extreme Power Metal)
Aku suka intronya XD
Lagu ini menurutku hampir sejenis sama Through the Fire and Flames, cuman yang ini ada part-part kalemnya, maksudku musiknya ga ‘ngamuk’ terus sepanjang lagu. Dan nada-nadanya indah, ini yang sering aku sebut sebagai lagu ‘galau cadas’. Walaupun isi lagunya aku kurang begitu paham itu tentang apa, terus kenapa dikasih judul EPM gitu aku kurang ngerti. Tapi aku suka sekali lagu ini.

Heroes of Our Time
Aura fighting nya berasa banget! Halah XD
Lagu ini membakar semangat kebangsaan *apasih*, cocok buat tema film dokumentasi jaman peperangan. Wkwkwk…
Tapi aku sedih dengerin lagu ini. ya gitu deh, membakar semangat sekaligus mengharukan :’)
Apalagi ada part piano nya, walaupun cuma sebentar, abis itu dimanjain sama ‘atraksi’ dari 2 dewa gitar kita.
Really love this song!!

Soldiers of the Wasteland
Pertama kali dengerin lagu ini aku berasa lagunya mirip sama Through the Fire and Flames. Di menit-menit ke 5 ada part-part kalemnya, cuman aku sih rada bosen dengerin part itu. Kirain jeda sepanjang itu mau diisi ‘amukan’ gitar yang gimana-gimana, taunya biasa aja. Tapi tunggu dulu! Bukan DragonForce namanya kalau gitarnya ga ‘ngamuk’ XD
Setelah part-part membosankan itu, vokalnya mulai masuk lagi, terus dilanjut dengan permainan gitar yang cukup ‘ngamuk’ ga ada habisnya sampai menjelang akhir lagu. Nah, part ‘amukan’ gitar yang panjang itu yang aku tunggu-tunggu dan yang bikin aku suka sama lagu ini.

The Flame of Youth
Lagu ini adalah….
SUARA GITAR YANG MELENGKING-LENGKING!! >_<
SUKAAAAAA!!!
Dan…. Aksi gitar di menit-menit ke 6 itu… itu apa ya? Suara gitar atau apa sih! aduuuh… Herman Li sama Sam Totman bikin aku gemeeeeessssss!!! *pites*

The Game
Abaaaang… lagi pada ngamuk ya bang? XD
Lagu ini adalah…
GILA!!! PARAH!!
Duel gitarnya itu!! mereka pakai teknik apa ya kok suara gitarnya bisa sebegitu kece nya? Keren banget pokoknya lagu ini parah! >_<
Durasi 5 menit buat lagu ini tuh rasanya kurang XD

Fallen World
Pertama denger intronya aku langsung keinget sama lagu-lagu band metal Jepang yang biasa aku dengerin. Ini hampir sejenis kayak The Game menurutku. Aku suka di part nada tingginya.

Kayaknya segitu dulu deh. Sebenernya lagu-lagu DF yang aku suka masih banyak, kayak Wings of Liberty, Evening Star, Valley of the Damned, The Last Journey Home, The Fire Still Burns, Revolution Deathsquad, Revelation, Prepare for War, Operation Ground and Pound, dan masih banyak lagi lagu DF yang aku save di hempon dan sering aku dengerin. Tapi aku malah engga nyangkut sama sekali sama lagu-lagu DF yang slow. Lagu-lagu slow nya DF tuh menurutku kayak lagu-lagu slow rock jaman dulu, bosenin dan bikin ngantuk (padahal kalo tidur sambil dengerin lagu cadasnya DF tidurku bisa makin ngebo) XD

Ah pokoknya aku cinta banget sama DragonForce!! Forevaenevaaaa~ >o<

Udah gitu doang. Makasih yang udah mampir.

Leave a Reply

