Mitologi Yunani ~KOTAK PANDORA~

Pandora's Box by Cyril Helnwein (Pygar)
Pandora’s Box by Cyril Helnwein (Pygar)

Kamu sudah “Membuka kotak Pandora”, pernah mendengar ungkapan itu sebelumnya?

Ungkapan itu kira-kira artinya melakukan sesuatu yang kecil atau sepele, tapi efeknya besar dan merugikan banyak orang.

Kenapa sih harus kotak Pandora? Kenapa ga kotak amal aja? Atau kotak suara pemilu?

 

Ternyata nama “kotak Pandora” itu diambil dari mitologi Yunani.

 

Ceritanya, dulu ada satu titan bernama Prometheus, dia sangat menentang Zeus, dia juga yang suka ngompor-ngomporin atau bahkan memimpin umat manusia (laki-laki) untuk tidak patuh terhadap sang dewa nomer wahid penguasa petir itu.

Dulu, manusia itu hanya terdiri dari kaum laki-laki. Perempuan belum ada, pabriknya belum bikin kalo kata makhluk-makhluk mitologi mah XD

Ya walaupun udah ada dewi-dewi perempuan sih.

 

Suatu ketika, Prometheus mencuri api dari Zeus, soalnya doi merasa ga adil karena manusia di bumi ga dikasih api, ga bisa bikin api. Zeus sengaja menyembunyikan ilmu pengetahuan tentang membuat api dari manusia sebagai balasan karena Zeus pernah ditipu sama Prometheus sebelumnya. Dulu, Prometheus pernah nipu Zeus, ngasih Pin BB dewi cantik, bohay, giliran di-invite sama Zeus, taunya itu Pin BB mamang yang jual cilok depan SD. Pfftt~ engga, engga, itu hanya karangan author belaka XD

Ya intinya Zeus sama Prometheus itu ga pernah akur.

 

Nah terus, suatu ketika Zeus punya ide! Para dewa-dewi di Olympus lalu mengadakan meeting buat membahas ide Zeus itu.

Ide apa ya kira-kira?

Mau tau?

Nantikan postingan selanjutnya! Hahaa~ XD

 

Kelamaan!

 

Oke. Idenya adalah…

Para dewa dan dewi akan membuat seorang manusia berjenis wanita. Semua dewa dan dewi ikut berperan dalam penciptaan makhluk wanita itu. Eh, ga semua sih, tapi beberapa.

Tubuh si wanita didesain dan dibentuk oleh Hephaestus, dewa Api pandai besi. Setelah selesai dibentuk dan diberi roh/kehidupan, dewa-dewi lainnya memberi kemampuan seperti kemampuan menjahit yang diajarkan oleh Athena (Athena juga memberinya pakaian yang indah), kemampuan bermusik yang diajarkan Apollo, kecantikan yang diberikan oleh Afrodit (kecantikan itu kemampuan atau takdir? XD ), rasa ingin tau dan segala macam perasaan yang diberikan oleh Hera, kemampuan berbahasa yang diajarkan oleh Hermes, kemampuan menolong ibu-ibu melahirkan diberikan oleh Artemis, yah siapa tau besoknya doi punya cita-cita pengen jadi bidan *yang ini ga ada dalam sejarah* XD

Dan satu lagi, kemampuan memasak diajarkan oleh chef Juna. *dusta*

 

Setelah sempurna, wanita itu pun diberi nama Pandora yang artinya “yang mendapat hadiah / pemberian”. Tapi jaman dulu kalo ngasih nama orang engga pake acara tasyakuran bikin bubur XD

 

Zeus lalu mengirimkan Pandora ke Epimetheus, adiknya Prometheus. Zeus emang sengaja ga ngasih Pandora ke Prometheus, soalnya Zeus tau Prometheus itu pinter, jadi pasti doi bakalan nolak karena tau si cewe cantik itu cuma jebakan dari Zeus.

Tapi beda sama adeknya. Epimetheus langsung klepek-klepek begitu ketemu Pandora. Padahal abangnya udah ngingetin buat ga usah peduliin Pandora, karena abangnya tau itu cuma akal-akalan Zeus buat bikin Prometheus dan para manusia menderita.

Sayangnya peringatan dari Prometheus ga digubris sama Epimetheus. Epimetheus tetep pedekate sama Pandora dan akhirnya mereka pun menikah. Mungkin pernikahan Pandora dan Epimetheus adalah pernikahan lawan jenis pertama di dunia *author berpikir terlalu jauh*

 

Zeus memberikan sebuah hadiah berupa guci cantik ke Pandora. Pandora membalasnya dengan memberi sebungkus deterjen berhadiah piring cantik XD *dusta*

Oke, namanya yang terkenal adalah “kotak Pandora”, tapi arti sebenarnya itu bukan kotak yang berbentuk kotak kayak yang biasa kita lihat. Kotak yang diberikan Zeus itu sebenernya berbentuk semacam guci. Tapi ga apa, untuk selanjutnya kita sebut saja “kotak” dengan membayangkan sebuah guci. Ribet ya? Dibikin santai aja XD

 

Kotak itu sangat cantik. Detail ukirannya rumit, itu yang bikin Hephaestus. Pokoknya indah banget, Pandora aja sampe ngiler liatnya. Saking indahnya, Pandora sampe ga berniat buat menjual kotak itu ke OeLeXdotcom.

 

Prometheus dan Epimetheus udah curiga, apalagi si Prometheus. Pokoknya Prometheus itu dendam kesumat banget sama Zeus, jadi tiap ada pemberian dari Zeus buat manusia, doi bawaannya parno mulu.

2 titan itu mengingatkan Pandora untuk tidak membuka kotaknya. Pandora pun nurut. Gimana juga, Pandora berusaha menjadi istri yang baik dengan mematuhi perintah suami.

Walaupun keinginannya untuk membuka kotak itu sangat besar. Ya abisan tempatnya aja indah, apalagi isinya?

Hati-hati mbak Pan, luarnya cantik belum tentu dalamnya juga cantik XD

 

Makin hari rasa ingin tau dalam diri Pandora semakin kuat. Setiap melihat keindahan kotak itu, Pandora selalu membayangkan isinya. Mungkin perhiasan, berlian, mutiara, batu bacan, atau mungkin uang tunai?

 

Suatu hari, Pandora sendirian di rumah. Dia sedang termenung meratapi(?) keindahan kotak yang masih dia pajang di sudut kamarnya.

Terlintas dalam benak Pandora “Ah, mumpung si akang lagi ga di rumah”.

Walaupun berusaha menahannya kembali, tapi rasa ingin tau itu jauh lebih kuat, dan semakin kuat.

Akhirnya Pandora berjalan mendekati kotak itu. Perlahan ia mengulurkan tangannya menyentuh kotak, kemudian dengan hati-hati Pandora membuka tutup kotak itu.

 

Dan keluarlah berbagai macam roh mengerikan, penyakit, kejahatan, masalah, kemiskinan, penderitaan, kesedihan, kesengsaraan, dan kematian.

Pandora panik dan dengan cepat dia segera menutup kotak itu kembali.

Namun sayangnya, semua roh di dalam kotak itu sudah keluar dan menyebar ke seluruh penjuru bumi.

 

Pandora menyesali perbuatannya. Kini manusia dilanda penyakit, penderitaan, kesengsaraan, bahkan kematian, karena ulah Pandora.

Namun, masih ada satu roh yang tertinggal dalam kotak, yaitu harapan.

 

Begitulah.

 

Sekian, terima kasih.

Advertisements

5 thoughts on “Mitologi Yunani ~KOTAK PANDORA~

  1. Bahasanya yang kocak bin ngeselin, nyenengin banget… bisa langsung paham… awalnya aku baca banyak cerita tentang kotak Pandora di blog2 lain dan gak pernah paham, kenapa Zeus ngasih Pandora kotak kalo kotaknya gak boleh dibukan… semacem ngasih pin BB cowok cakep ke cewek jones, tapi gak boleh nge-invite… kan menyiksa batin banget…
    .
    Btw makasihlah atas penerangannya…

    Like

    1. Aduh, iya itu nyiksa banget, dikasih pin cowo cakep tp gak boleh nginvite 😂 ternyata cowo cakepnya udah ada yg punya.
      Oke, makasih juga udah mampir ke blogku..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s