Lope Lope with Anna Murphy

Postingan kali ini aku mau bahas tentang Anna Murphy. Dewi Celtic Folk Metal *apasih* yang kayaknya kurang terkenal di Indonesia XD

86733-w_RUCBtRab8x_P8m_iLsfQ

Bagi yang suka Eluveitie, atau bagi yang pernah [sengaja atau ga sengaja] baca postingan aku tentang band folk metal dari Swiss yang satu itu pasti udah ga asing lagi sama nama Anna Murphy.

anna's smile

Nama lengkapnya Anna Maria Murphy, adalah vokalis wanita sekaligus pemain instrumen hurdy-gurdy di band folk metal, Eluveitie. Disamping main band dia juga sempat merilis solo album (tapi kayaknya kurang laris) XD

Anna udah gabung di Eluveitie sejak dia umur 16 tahun (sekitar tahun 2005 atau 2006), temen dia yang ngasih tau kalo ada band folk metal yang lagi nyari pemain hurdy-gurdy. Padahal waktu itu Anna baru belajar main hurdy-gurdy sekitar 3 bulanan, tapi ternyata doi masuk juga. Mungkin Chrigel cs melihat ada bibit-bibit luar biasa dalam diri Anna. Dan memang terbukti. Sekarang Anna udah kayak ‘setengah nyawa’nya Eluveitie.
Berbakat, jago nyanyi, multi instrumentalist, bisa scream (syarat tambahan sebagai vokalis cewe di band-nya om Chrigel), cantik pula. Apalagi kalo udah di atas panggung, dia—- *tahan! Nanti author bisa kalap*

10387221_712065108851347_7311161990739347093_n

Basically Anna memang lahir dan tumbuh di tengah keluarga musisi. Emak-bapaknya adalah penyanyi opera. Kakek-neneknya juga penyanyi opera. Bapaknya orang Irlandia, emaknya orang Swiss.
Kedua orang tua Anna bekerja di Swiss, jadi mereka tinggal di sana, dan dari kecil Anna udah akrab banget sama musik. Walaupun sebenernya dulu Anna engga pingin jadi musisi kayak keluarganya, tapi ujung-ujungnya ya jadi juga.

10344406_739591119434122_6149598830343107708_o

Sebelum gabung di Eluveitie, lady Celtic kelahiran 10 Agustus 1989 ini suka nonton konsernya Faun, band folk asal Jerman. Dia kagum liat salah satu personil Faun main hurdy-gurdy, akhirnya dia mulai belajar memainkan instrumen musik tradisional yang konon katanya adalah ‘nenek moyang’nya piano itu. Baru sekitar 3 bulan belajar, Anna udah [nekat] gabung sama band folk metal, tapi untungnya diterima. Makasih ya om Chrigel udah mau nerima mbak Anna 10 tahun lalu :’) *peluk mbak Anna* #loh?

Di akhir tahun 2010, Anna sempat juga bergabung sama band folk Frakmundt (tapi masih tetep di Eluveitie). Itu band musiknya jauh beda sama Eluveitie, walaupun sama-sama mengusung tema “folk” tapi Frakmund lebih ke… apa ya? Folk-blues mungkin XD *sotoy*
Aku pernah denger musik-musiknya Frakmundt. Aku kira warna musiknya hampir sama kayak Eluveitie, ternyata jauh beda.
Terus di tahun 2011, Anna juga bergabung di band Nucleus Torn (kabarnya sih jadi member tetap) tapi masih jadi member Eluveitie juga. Hahahag… mbak Anna kemaruk, band ini band itu dijabanin XD

Anna_solo_album
Yah mungkin buat memperbanyak pengalaman di dunia musik kali ya? Biar ga melulu-melulu maininnya musik folk-metal terus.
Di tahun 2013, Anna merilis solo album berjudul Cellar Darling. Tapi sorry mbak, saya sama sekali engga nyangkut sama album embak yang satu itu -_- *ditoyor*
Tapi aku jadi tau, Anna ternyata punya jiwa musik yang jauh berbeda dari musik-musiknya Eluveitie yang selama ini dia ‘makan’.

Cukup sedikit info tentang Anna Murphy yang aku dapat dari internet, itu juga musti nranslit dulu, soalnya ga ada satupun postingan tentang Anna yang pake bahasa Indonesia yang aku nemu. Mudah-mudahan translitan aku banyak benernya dan ga ada salah-salahnya ya XD

Di salah satu interview yang aku nemu di internet, Anna cerita bahwa dulu dia pernah bermasalah sama sekolahnya waktu Anna udah gabung di band.
Dia sempat minta ijin ke pihak sekolah, band-nya mau ada tour selama 2 minggu, jadi Anna belajarnya di perjalanan aja, tapi engga boleh sama pihak sekolahnya. Pihak sekolah dengan keras menentang itu. Dan Anna memutuskan untuk mengakhiri masa sekolahnya. Entah pindah sekolah karena kecewa sama pihak sekolah atau benar-benar berhenti bersekolah, aku kurang tau detailnya. Maaf.

Walaupun lagu-lagu Eluveitie bercerita tentang sejarah bangsa Celtic atau sejarah-sejarah semacam perang Galia, atau hal-hal yang berhubungan dengan sejarah bangsa Gaul, tapi Anna mengaku engga belajar tentang sejarah-sejarah itu semasa masih duduk di bangku sekolah. Jadi Anna merasa beruntung gabung sama Eluveitie, dia bisa tau banyak hal tentang sejarah leluhur bangsanya dulu.
Sama mbak, saya juga merasa beruntung bisa suka sama Eluveitie [dan suka sama embak] jadi pengetahuan saya tentang bangsa-bangsa Eropa di luar sana sedikit bertambah 🙂
Biarpun Anna belum tau sebelumnya, tapi tiap bawain lagu-lagu tentang peperangan, dia sangat menjiwai itu. Anna pernah bilang di salah satu interview, tiap bawain lagu-lagu Eluveitie yang menceritakan tentang peperangan jaman dulu, Anna meresapi lirik lagunya sambil membayangkan kembali ke masa lalu. Pantesan, tiap bawain lagu The Siege sama Meet The Enemy tuh aura kemarahannya berasa banget XD

Aku sendiri dulu ga langsung ngelirik Anna waktu suka sama Eluveitie. Entah gimana awal-awal sukanya sama Anna. Mungkin sejak liat klip A Rose For Epona, atau sejak dengerin lagu-lagu Eluveitie yang vokal ceweknya dominan?
Yang jelas aku suka banget sama Anna.
Apalagi setelah liat video live-nya Eluveitie, aku liat aksi panggungnya Anna, liat Anna headbang dengan rambut panjang yang terkibas-kibas(?), liat dia mainin hurdy-gurdy sambil nyanyi, denger dia scream, liat senyumnya… aduuuh… *pingsan* *dicolek mbak Anna*
*terus sadar* Mungkin kalo aku jadi cowo aku udah gila XD *lebay*
Apalagi ya, pas tau ternyata Anna gabung sama band metal itu dari dia umur 16 tahun!! Aku makin gregetaaaaan… >_<

awal gabung di El
Mbak, kenapa sih lo itu keren banget?!
Sayangnya lo sama band lo itu ga terkenal di sini X’D
Jadi kayaknya gw cuma bisa ketemu lo di mimpi. Atau mungkin kalo gw dapet keajaiban buat nonton konser Eluveitie secara langsung. Tapi keajaiban itu lebih ke arah “mustahil”. Lo tau ga sih sakitnya tuh di mana? Di dengkul gw!!
Hah! XD

10379901_689341347839351_7380240387235903553_o

awawawawawawww~

1911616_720047744742618_2326068913711665348_n

10521174_720047464742646_7714616273591800395_n

Pokoknya aku cinta metong sama mbak Anna! Saking cintanya aku sampe ga tau mau ngerangkai kata-kata apalagi buat dia di postingan ini.
Jadi postingannya cukup segini aja.

Makasih udah mampir. Sampe ketemu di postingan berikutnya~ XD

 

~UPDATE~

Buat kamu yang demen Eluveitie, yuk, gabung di Grup Eluveitie Indonesia!! ^_^

2 thoughts on “Lope Lope with Anna Murphy

  1. Wah…! ngefans juga yah ama ana murphy, sama donk. Screamnya itu loh gak nahan ! saya juga lagi dengerin Andro dari Faun nih.

    Salam kenal mas !

    Like

    1. Iya, suka bgt. Ga cuma screamnya, tp liat dia mainin hurdy-gurdy jg, senyumnya jg, suaranya jg, pokoknya semuanya XD Faun aq kurang suka tapi, rada bosenin menurutku. Salam kenal jg. BTW, aq cewe mas XD

      Like

Leave a Reply

