KONSTELASI SCORPIUS

Sesuai request-an mbak Fadilla Sukraina, aku mau bahas tentang rasi bintang Scorpius. Scorpio juga boleh lah, seterah yang penting kalajengking XD

scorpio

Scorpius adalah nama salah satu rasi bintang zodiak. Scorpius itu zodiaknya aku loh~ XD *engga nanya*
Menurut mitologi yang sebelumnya udah pernah dibahas, Scorpius/Scorpio adalah seekor kalajengking raksasa yang dikirim dewi Gaia untuk membunuh Orion sang pemburu hebat tapi sombong. Yah… padahal aku suka sama Orion, tapi ternyata Orion musuh zodiaknya aku. Jadi? Aku cintah sama musuh aku sendiri? *ya engga gitu* :v
Eh tapi semenjak ada rasi bintang zodiak baru zodiakku geser ke Libra (._.)
Ga penting sih tapi. Haha…

Sesuai namanya, rasi Scorpius berbentuk kalajengking. Scorpius berbatasan sama rasi bintang Ophiucus (sang Pembawa Ular, yang disebut-sebut sebagai rasi zodiak baru), rasi Ara, Norma, Corona Australis, rasi Libra, rasi Lupus (bukan Lepus ya, Lupus ini kalo ga salah ‘serigala’), terus sama rasi Sagitarius. Scorpuis terlihat lebih terang sekitar bulan April-September, pokoknya setiap Orion terlihat redup, Scorpius terlihat terang. Jadi mereka ga pernah terlihat sama-sama terang di waktu yang sama, soalnya bahaya, nanti mereka bisa berantem lagi kayak dulu. Hahaa…
Sama seperti Orion, Scorpius juga biasa digunakan sebagai rasi penunjuk arah.

Bintang-bintang di rasi Scorpius yaitu : Antares atau alpha Scorpii (favorit banyak orang), Graffias / Acrab (beta Scorpii), Dschubba (delta Scorpii), Shaula, Sargas, Lesath, dan masih ada lagi sih, cuman yang sering disebutin ya itu.
Maap maap deh kalo kurang lengkap XD

Ngomong-ngomong soal bintang alphanya Scorpio, Antares, dia dijuluki “red supergiant”, karena emang gede banget, 700X lebih gede dari matahari, tentunya lebih gede dari Rigel. Nama “Antares” sendiri diambil dari bahasa Yunani, “ant” artinya “seperti” dan “Ares” adalah Dewa Perang Yunani, tapi kalau di Roma, Ares biasa disebut “Mars”, jadi Antares artinya “seperti Mars”, karena bintang itu memang seperti Mars, sama-sama merah. Atau mungkin kalau dilihat dari dekat (pakai alat pastinya), mereka memang benar-benar mirip, persis seperti saudara kembar yang ditukar. Ya kali.
Antares terlihat paling terang di akhir bulan Mei, dan di akhir November dia mulai redup.

Untuk hujan meteor di rasi Scorpio aku udah nyari tapi ga nemu. Apa memang di rasi itu ga ada hujan meteornya ya? O.o

Kayaknya cukup sekian dan terima kasih deh (._.)
Maaf ya kalo kurang detail ^_^v

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s