TRI MARTOLOD ~Tiga Pelaut~

TRI MARTOLOD

Biasa, ngerombeng dulu vroh~ XD

Jadi ceritanya aku kesangkut band folk dari Rusia, namanya Mervent. Aku download beberapa mp3 nya, dan nemulah judul “Tri Martolod”, pas didengerin.
“Njirrr!!! INIS MONA!!” bukan salah file atau kena trap, bukan! Tapi lagu Tri Martolod itu nadanya persis sama chorusnya lagu Eluveitie-Inis Mona. Ini apaan? Masa main plagiat-plagiatan lagu kayak di Indonesia? Engga mungkin!
Setelah googling, ternyata lagu “Tri Martolod” itu semacam lagu daerah dari Perancis.
Jadi kasus(?)nya mirip-mirip sama lagu Scarborough Fair yang dari Inggris.
Lagu Tri Martolod ga jelas siapa penciptanya, ga jelas aransemen awalnya kayak gimana. Sama kayak Scarborough Fair, lagu Tri Martolod juga akhirnya banyak yang dibawakan sama beberapa musisi atau band. Ada juga yang cuma ngambil part chorusnya kayak Eluveitie yang ngambil nada itu di lagu Inis Mona, terus lagunya band dari Brazil, Terra Celta-O Quadrado, dan masih ada lagi.

“Tri Martolod” sendiri artinya “Tiga Pelaut”, ada yang menyebutnya “Tri Martolod Yaouank” (Tiga Pelaut Muda).
Lagu ini jadi terkenal di kalangan musisi sejak diaransemen sama harpist dari Britain, Alan Stivell di tahun 1970.
Lagu ini menceritakan tentang tiga pelaut muda yang pergi berlayar ke Newfoundland (nama salah satu pulau di Kanada) dan ada cerita cinta-cintaannya di lagu itu.
Lirik lagunya kalau ditranslit ke bahasa Inggris kayak gini :
Three young sailors… la la la…
Three young sailors… went traveling
Went traveling… went traveling…
And the wind pushed them… la la la…
Wind pushed them to Newfoundland
All the way to Newfoundland
All the way to Newfoundland
Next to the windmill stone… la la la…
Next to the windmill stone, they dropped anchor
They dropped anchor… they dropped anchor
And in that windmill… la la la…
And in that windmill was a servant girl
There was a servant girl… there was a servant girl…
And she ask me… la la la…
And she ask me where we met
Where have we met before? Where have we met before?
In Nantes at the market… la la la…
In Nantes at the market, we chose a ring

Newfoundland adalah nama salah satu pulau kecil di pesisir timur Kanada, itu termasuk pulau milik Kanada yang ga diserahin ke Perancis (dulu, Kanada negara bekas jajahan Perancis).
Nantes merupakan nama sebuah kota di bagian barat Perancis.

Mungkin ada semacam cerita rakyat(?) di balik lagu itu, tapi aku belum tau jelas gimana ceritanya. Infonya susah dicari X’D
Aku lebih tertarik sama aransemen lagu Tri Martolod dari berbagai versi.
Tri Martolod yang terkenal versi Alan Stivell sih udah enak banget, so folky!
Tapi ada versi lain dari musisi lainnya juga yang ga kalah keren dari versinya Alan.

Sebelum bahas versi lainnya, boleh lah bahas Tri Martolod versi Alan dulu XD

Tri Martolod by Alan Stivell
Scara Alan ini kan seorang harpist, jadi lagu ini dimainkan dengan didominasi instrumen harpa. Bahasanya masih ori, pake bahasa Britain. Tapi ini ga full pake harpa kok, ada drumnya juga, bass, gitar akustik, terus ada instrumen musik tradisional entah apa aku ga tau, bunyinya hampir kayak alat musik tiup tapi rada-rada kayak hurdy-gurdgy juga X’Da
Ah ntahlah, mungkin kapan-kapan aku harus liat video live lagu ini.

Tri Martolod by Mervent
Ini ga beda jauh sama versi Alan sih, karakter vokalnya juga hampir sama, tapi tetep ada sedikit perbedaan instrumennya. Menurut pendengaranku, Mervent ada alat musik tiupnya, entah flute atau bagpipe. Betewe gara-gara Tri Martolod-nya Mervent aku jadi kepo sama lagu ini dan jadi tau sedikit lebih jauh.

Tri Martolod by Nolwenn Leroy
Mungkin ini yang disebut “pop-folk”. Vokalis perempuan bawain lagu ini enak juga.

Tri Martolod by Folkstone
Jenisnya mirip-mirip versi Alan sama Mervent, tapi yang ini ada vokal perempuannya dan beat-nya lebih cepet, terus ada instrumen fiddle-nya. Dan di akhir lagu ada semacam solo gitar. Entah itu gitar atau alat musik tradisional lain sejenis gitar yang aku ga tau, tapi bunyinya kayak gitar sih, atau mungkin file download-anku kurang jernih? Bisa jadi XD

Tri Martolod by Ryczace Shannon
Awalnya kayak acapela-an, terus lama-lama musiknya ya… sejenis versi Mervent. Kayaknya versi Alan atau versi Mervent udah cukup mainstream buat lagu ini. Eh tapi tunggu dulu, Tri Martolod versi ini ada campuran rock-nya loh! Jadi menurutku cukup unik XDd

Ada lagi sih, Tri Martolod versi Dao Dezi, musiknya ajeb-ajeb ala musik remix gitu. Keren tapi aku kurang nyangkut, cepet bosen dengerinnya. Monoton, ga ada something special yang ditunggu-tunggu.

Ga berhenti sampe di situ, lagu Tri Martolod ini juga ternyata banyak diminati musisi buat dirombak lebih keren lagi. Ada yang masukkin nada/melodi Tri Martolod ke lagu metal, lagu rap, hip-hop, pop, bahkan sampe dibikin jadi lagu India.
Eluveitie-Inis Mona
Sebelum tau ada lagu Tri Martolod, aku udah denger lagu ini, dan Inis Mona adalah salah satu lagu Eluveitie favoritku, sering banget nyepil di playlist, jadi begitu [semacam] ga sengaja dengerin Tri Martolod aku langsung kepikiran Inis Mona XD *malah curhat*
Kalau ada yang tanya Tri Martolod versi metal, lagu ini adalah jawabannya.
Udah pernah dibahas di postingan Eluveitie sebelumnya, kalau lagu Inis Mona ini menceritakan tentang sebuah pulau yang menjadi tempat menimba ilmu bagi para Druids (bangsa Celtic kuno) selama 20 tahun. Jadi walaupun nadanya pake lagu Tri Martolod, tapi lirik lagu dan udah pasti makna lagunya juga berbeda.
Aku suka banget lagu ini, melodi dari flute, bagpipe, hurdy-gurdy, dan fiddle nya menyatu sama scream gahar om Chrigel. Melodinya berasa menyayat kalo bagi aku X’D

Nachalo Veka & Helavisa-Tebya Zhdala
Penyanyi dan harpist dari Rusia ini unik juga lagunya. Kalau ini ga cuma bagian chorus, tapi verse dari lagu Tri Martolod juga dipake, cuman beda lirik dan musiknya unik, variatif. Walaupun duetnya sama harpist, tapi permainan harpanya cuma dikit, di awal-awal doang. Ini lebih kayak nge-pop mungkin ya? Instrumen modernnya lebih berasa daripada folknya. Tapi tetep enak.

Olli & The Bollywood Orchestra-Teen Aazaad Naavik
Nah ini nih, ga kalah keren sama versi metal. Versi India ini juga kreatif!!
Berasaaaa banget Indiaannya *ya iya lah* tapi engga yang India dangdutan(?) kayak biasanya. Verse dan chorus dari lagu aselinya dipake semua, tapi ada tambahan nada lagi dikit. Bahasanya full pake bahasa India, musiknya keren parah!!
Aku ga tau nama alat musik khas India yang bunyinya kayak alat musik petik gitu, ya pokoknya yang biasa kedengeran di lagu-lagu India itu lah. Iya, itu!
Udah gitu tarikan dan betotan bassnya seksi bangeeeeetttttt~ >///<
Selain instrumen musik khas Indianya, suara bass di lagu ini yang bikin aku betah dengerinnya. Pokoknya ini lagu ‘plagiat’ Tri Martolod favoritku ke 2 setelah Inis Mona XD

Ada lagi, lagunya Manau-La Tribu de Dana sama laguunya Terra Celta-O Quadrado dan beberapa lagu ‘plagiat’ *XD* Tri Martolod dari musisi lainnya yang sayangnya aku ga nemu. Kalau lagunya Manau sama Terra Celta aku kurang nyangkut. Hip-hop / rap gitu aku kurang gitu suka, musiknya juga ga ada yang spesial menurutku.
Kalau rap tapi musiknya dibikin seru mungkin lumayan.

Ya gitu deh, kalau lagu ga ada yang punya, ga ada credit, jadi bisa dirombak sana sini tanpa dituntut ‘plagiat’ XD
Coba ya, semisal lagu Bubuy Bulan atau lagu Yamko Rambe Yamko atau lagu-lagu daerah kita diperkeren(?) sama musisi-musisi dalam negeri (atau luar negeri juga boleh XD) mungkin ga kalah keren sama Tri Martolod atau Scarborough Fair.
Ada mbak, lagu Apuse yang di-Netral-in jadi “Garuda di Dadaku”.
Oh iya ya? XD
Ya udah deh makasih udah mampir.

Advertisements

4 thoughts on “TRI MARTOLOD ~Tiga Pelaut~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s