ORION (mitologi)

Orion, adalah salah satu tokoh mitologi Yunani yang mendapat kehormatan untuk diletakkan di langit menjadi bintang. Menurut mitologi kuno sih gitu.

Orion anak dari pasangan dewa laut (Poseidon) dan Euryale, lahirnya di Boetia. Karena anaknya dewa, Orion ini udah dikasih bekal kesaktian sama babehnya. Dia juga bisa hidup di laut, berjalan di atas laut, nongkrong di laut *eh?* karena si babeh dewa laut.

 

Orion ini (katanya) ganteng vroh, badannya gede, terus juga kuat, sakti, saking saktinya dia sampe jadi sombong.

Banyak versi yang mengisahkan tentang Orion, tapi aku lebih suka versi yang ini. Yang mana? Yah ini, yang mau diketik -_-

Suatu hari *uhuk! dongeng banget* Orion pergi ke sebuah pulau, namanya pulau Chios. Dalam rangka apa dia pergi ke sana? Dalam rangka HUT RI. Bukan! Yah namanya juga pemburu, ya sukanya nge-bolang kemana-mana.

Lah, kebetulan di pulau Chios itu Orion ketemu sama calon(?) jodohnya, namanya putri Merope (beberapa ada yang menyebutnya Aero).

Orion langsung jatuh cintrong pada pandangan pertama. Merope juga gitu, katanya berasa kena panahnya Eros pas pertama kali liat Orion. Ciieee~

Sayangnya, hubungan mereka ga disetujui sama raja Oenopion, bapaknya si Merope. Mungkin sang raja tidak menyukai putrinya berhubungan dengan Orion karena Orion itu pengangguran, kerjaannya cuma berburu dan tidak punya tabungan yang bisa ngasih 5 kelebihan *bukan gitu!*

Tapi Orion dan Merope ga pasrah begitu aja, mereka tetep minta restu sang raja. Oke lah, sang raja akan merestui hubungan mereka tapi dengan satu syarat.

Syaratnya, Orion harus bisa memburu dan melenyapkan semua binatang buas yang ada di pulau Chios, kalau Orion berhasil, Orion boleh nikah sama Merope.

Orion pun menyanggupi persyaratan itu. Bukan hal yang sulit bagi anak dewa, sang pemburu yang udah dari sononya dibekali kekuatan hebat.

Pulau Chios pun bersih dari binatang-binatang buas. Dan Orion menagih janji sang raja.

Tapi sayang sekali, raja Oenopion ternyata adalah seorang raja yang munaf*ck, dia mengingkari janjinya, dan dia membuat Orion marah besar.

Orion pun meluapkan emosinya dengan minum anggur sampai mabok. Untung maboknya gara-gara minum anggur, kalo maboknya gara-gara main ama janda bisa mabok janda dia vroh XD

Dalam keadaan mabuk, Orion mendatangi Merope dan berusaha memperkosanya. Untungnya raja Oenopion berhasil menyelamatkan sang putri.

Raja pun berniat untuk membalas Orion atas perbuatannya.

Ketika Orion tertidur, raja Oenopion membutakan mata sang pemburu hebat itu.

Orion lalu meminta bantuan orakel si peramal dari Delphi. Kata orakel, Orion harus berjalan ke arah timur untuk bertemu Helios (dewa matahari). Kedua mata Orion yang buta harus terkena sinar Helios agar bisa melihat lagi.

 

Setelah penglihatan Orion pulih, Orion kembali ke Chios untuk membalas dendam pada sang raja yang munaf*ck itu.

Sebelum sampai ke pulau Chios, Orion mampir dulu ke pulau Delos. Ya gitu deh, balik ke Chios sambil traveling. *eh?*

Terus di pulau Delos, tanpa Orion sadari, ada dewi yang memperhatikannya. Dan Eros sang penebar cinta berulah lagi.

Dewi itu, Aurora (dewi fajar), terpesona melihat ketampanan dan kegagahan Orion. Body kekar, muka ganteng, kemana-mana bawa panahan. “Aduh~ aku mau donk dipanah kamuh!” gitu katanya dewi Aurora. Pfftt~ yang punya blog ikutan mabok XD

 

Walaupun Orion niatnya mau balik ke Chios buat balas dendam, tapi Orion sempetin buat tinggal dulu di pulau Delos. Mungkin di situ banyak target buruan yang membangkitkan semangat berburu Orion.

Dan di sebuah hutan, Orion bertemu dengan Artemis (dewi perburuan, dewi hutan, dewi bulan). Mereka lalu berteman akrab dan Orion pun menjadi pengikut setia Artemis.

Artemis membujuk Orion untuk melupakan misi balas dendamnya. Oke deh, Orion mau nurutin apa kata Artemis. Jadi dia lebih milih buat tinggal di pulau Delos dan menghabiskan waktu bersama Artemis daripada balik ke Chios buat balas dendam ke calon mertua gagalnya itu. akakak… ciiiee yang udah ngarep punya mertua raja tapi ga jadi XD

Ya udah deh, ga jadi nikah sama putri raja, sama Artemis aja juga boleh.

Dan lama-lama Orion sama Artemis jadi makin deket, terus pacaran deh.

Duh kesian dewi Aurora yang cintanya bertepuk sebelah duren.

 

Perjalanan hidup Orion belum sampai di situ. Apollo, saudara kembarnya Artemis tau tentang hubungan Orion dan Artemis. Tapi Apollo ga setuju. Apollo itu ga suka sama Orion karena Orion itu sombong, udah berasa paling hebat, paling ganteng, pokoknya sok-sokan deh. Apollo kan juga ganteng, jadi mungkin dia iri sama kegantengan Orion yang bisa memikat banyak perempuan bahkan para dewi, sementara Apollo sendiri ganteng tapi dia ngejar-ngejar Daphne aja kagak dapet-dapet. Jadi Apollo sirik gitu ceritanya XD *pitnah!*

(someday mungkin aku sempetin tulis cerita tentang Apollo sama Daphne)

Selain alasan kesombongan Orion, Apollo benci Orion karena dia suka memburu binatang-binatang liar di hutan. Tapi alasan itu ga cukup kuat, bagi yang punya blog ini, alasan utama Apollo benci Orion itu karena Apollo sirik sama Orion yang dilirik banyak cewe :v *ditoyor readers*

Akakakak…

 

Karena ketidaksukaan itu, Apollo meminta Gaia (dewi Bumi) menciptakan kalajengking raksasa untuk membunuh Orion.

Dewi Gaia mengabulkan permintaan Apollo.

Lalu dibuatlah seekor Scorpio raksasa. Scorpio itu menyerang Orion. Mereka bertarung.

Dan keduanya mati. Scorpio itu terkena panah Orion, Orion mati karena sengat beracun Scorpio.

Artemis sangat berduka atas kematian Orion, dia meminta Zeus untuk meletakkan Orion di langit untuk mengenangnya. Zeus mengabulkan permintaan Artemis. Menurut Zeus, Orion pantas ditempatkan di langit karena dia adalah seorang yang hebat dan pemberani.

Dan untuk mengenang sejarah kematian Orion, Zeus juga menempatkan Scorpio di langit.

Ternyata tidak hanya pada waktu mereka hidup di bumi, bahkan di langit pun, mereka masih terus saling memburu.

Itu lah sebabnya, waktu dimana rasi bintang Orion terlihat terang, maka rasi bintang Scorpio akan meredup. Begitu juga sebaliknya. Jadi mereka tidak pernah terlihat bersama-sama di langit.

 

Begitulah.

Kalo orang Jawa menyebut rasi bintang Orion itu “Waluku”. Terus kalo di Sumatera beda lagi waktu itu aku pernah baca tapi lupa XD

 

Tambahan nih. Aku pernah nemu postingan di blog orang tentang Hubungan Rasi Bintang Orion dengan Piramida Mesir.

Jadi kalau diliat dari atas, piramida Giza (piramida terbesar di Mesir) seperti terhubung sama bagian sabuk Orion.

Di rasi bintang Orion itu ada 3 bintang terang yang membentuk sabuk Orion, dan letak 3 piramid di Mesir seperti berpusat sama 3 bintang itu. Menurut penelitian, penempatan posisi mereka hampir tepat! Cuma meleset 0,1364 derajat dari besar sudut antara piramida dibanding antarbintangnya.

Entah apa hubungan antara piramid Giza sama rasi bintang Orion. Aku harap hubungan mereka baik-baik aja. *eh?*

 

Tapi kalo dihubung-hubungkan sama mitos Mesir kuno sih nyambung juga.

Jadi, bangsa Mesir kuno itu kan sama kayak Yunani, mereka percaya sama dewa-dewa. Di antara beberapa dewa Mesir, ada yang namanya Osiris, dewa Kematian. Sama bangsa Mesir itu Osiris dianggap sebagai jelmaan rasi Orion. Eh, ga kebalik? Ah ya pokoknya gitu deh.

Bangsa Mesir kuno itu percaya bahwa dewa-dewi mereka harus punya tempat persinggahan di bumi, makanya bangsa Mesir membangun piramida Giza itu sebagai tempat singgah Osiris, lengkap dengan penjaganya, yaitu patung Sphinx.

Oleh karena itu, pembangunan piramida Giza harus pas sama posisi rasi bintang Orion.

 

Kalau readers pingin tau lebih lanjut tentang hubungan rasi bintang Orion sama pembangunan piramida Giza, bisa main ke http://astronesia.blogspot.in/2012/10/benarkah-sabuk-orion-dan-piramida-mesir.html?m=1

 

 

Begitulah.

Makasih udah mampir~

Maaf ya kalo ada yang ngaco atau ada kata-kata yang bikin kesel. Saya hanya butiran debu *apasih* XD

Advertisements

14 thoughts on “ORION (mitologi)

      1. Oiya, situkan bilang kl habis matanya buta, orion jalan ke timur trus baliknya mampir dulu di pulau Delos. Tp ada jg yg bilang dia mampir di Kreta. Yg bener yg mana nih?

        Like

      2. Iya, dia suruh ketemu Helios biar matanya sembuh. Bener semua 😀 *plakk!!*
        Mitologi2 Yunani kn ga cuma ditulis sm 1 penyair, jadi versi antara penyair 1 dan yg lainnya berbeda.
        Soal kematian Orion juga ada versi lain yg mengatakan klo yg membunuh Orion itu Dewi Gaia nya langsung, karna Orion sombong, ngerasa jadi pemburu paling hebat, padahal masih ada dewi Artemis sama Apollo yg basicnya emng dewi & dewa perburuan.

        Like

      3. Ada jg yg bilang kl orion yg ngelindungin arthemis pas dia diserang scorpius/? Jd dia mati

        Like

  1. wow baru kali ini nemu blog begini. pecinta mitologi. postannya nambah pngetahuan bnget.
    bahasanya keren. gaul tapi ga bikin eneg.?
    sering2 bikin yg kayak gini. kalau sempet bakal tak obrak abrik wpnya. kkkkkk 😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s