ELUVEITIE dan Bangsa Celtic

eluveitieAssalammetalikum!

 

Jadi ceritanya makin hari aku makin cintah sama Eluveitie karena makin tau (dikit-dikit) tentang band itu.

Dulu pas pertama kali suka aku sempat baca postingan di blog orang yang bilang kalo Eluveitie itu band folk metal yang NASIONALIS.

Sebenernya aku belum begitu paham kenapa dikatain(?) gitu. Ternyata setelah tau isi lagu-lagunya aku baru tau. Dan aku setuju banget! XD

Dari namanya aja udah keliatan, “Eluveitie” artinya “aku orang Helvetii (orang Swiss)”. Unsur folk di musiknya kuat, dan pakai alat-alat musik tradisional khas negara Irlandia, Itali, Perancis, Spanyol, Swiss (negara-negara yang namanya sering muncul tiap baca sejarah tentang bangsa Celtic).

Lagu-lagunya berisi tentang budaya Celtic, mitologi Celtic, dan peperangan yang pernah terjadi sepanjang sejarah bangsa Celtic.

Terus bangsa Celtic itu apa?

Ehee~ sorry, aku sendiri masih belum paham banget soal Celtic.

Baca sejarah bangsa Celtic itu bikin pusing X’D (bikin pusing tapi bacanya keterusan, saking keterusannya sampe bingung itu tadi gimana ceritanya bisa begitu) :v

 

Bangsa Celtic itu bangsa Eropa yang menyebar ke berbagai dataran di Eropa. Alasan jelas kenapa mereka bisa nyebar-nyebar gitu aku kurang tau. Abisan nyebarnya banyak, ada yang ke Itali, Irlandia, Swiss, Perancis, Spanyol, Skotlandia, Inggris, Argentina, dan negara mana lagi ya aku kurang tau lengkapnya karena mereka menyebar seiring perkembangannya. Dan yang jadi pertanyaan, bangsa Celtic itu sebenernya nongol, bermula, lahir, dari negara manaaaaa?

(w O..O)w

Sejarah menyebutkan kalau bangsa Celtic itu pernah mengalami pendatang-pendatang dari tempat lain yang menyebabkan sebagian dari bangsa Celtic itu harus pergi meninggalkan wilayahnya (mungkin itu salah satu alasan kenapa mereka tersebar, terus juga ada istilah ‘bangsa Celtic yang terasing’)

Dan itu nyebarnya juga ga satu kali nyebar langsung kemana-mana, tapi nyicil. Jadi ada sebagian bangsa Celtic yang pergi ke wilayah X di tahun sekian sebelum masehi. Terus beberapa puluh tahun kemudian, sebagian bangsa itu pergi lagi ke wilayah lain di tahun sekian. Sekian dan terimakasih *eh belom!*

Akakak… maap nih, wilayah X sama tahunnya ga aku sebutin. Lupa tahun berapa pokoknya sebelum masehi XD

Ntar googling sendiri deh kalo mau tau lebih dalem.

Ah iya, bangsa Roma itu juga pernah menaklukkan bangsa Celtic dan gara-gara itu sebagian bangsa Celtic diusir dari wilayahnya.

 

Walaupun rumit, tapi bangsa Celtic juga ga kalah sama bangsa-bangsa lain yang punya kebudayaan dan mitologi-mitologi atau bahkan sejarah yang unik.

Bangsa Celtic itu juga mengenal dewa-dewa. Aku pernah baca beberapa nama dewa dan makhluk mitologi dari bangsa Celtic, dan nama-nama itu lah yang sering aku temukan di judul lagu-lagu band folk yang aku kenal XD

Jadi pas baca nama “Morrigan” langsung yang “Wah, judul lagunya Omnia nih! XD” oh, jadi lagu itu tentang Ratu Hantu di mitologi Celtic?

“Cernunnos”

“Wah, judul lagunya Omnia juga!”

Wkwkwk… jadi aku makin kepo sama Eluveitie. Ini gimana sih, nemunya judul lagu Omnia tapi penasarannya sama Eluveitie :v

Itu kan cuma contoh, tapi aselinya mah Eluveitie lebih kentel bau Celticnya. Kalo Omnia kan campurannya dari banyak negara, Celticnya cuma sebagian.

 

Eluveitie ini ga cuma masukkin nama dewa-dewi aja, tapi juga nama tempat, nama peristiwa besar, nama bulan di kalender kuno, bahkan nama orang XD

Pokoknya lagu-lagu Eluveitie tuh banyak macemnya tentang Celtic.

Ah iya, kalo ngomongin soal Celtic pasti ga lepas dari nama Gaul atau Gaulish atau Galic. Gaulish atau bangsa Gaul itu bangsa yang mendiami Perancis di jaman kuno.

Ng… berarti maksudnya bangsa Gaul itu bagian dari bangsa Celtic? (‘.’)

Bangsa Celtic yang mendiami wilayah berbeda juga sebuatnnya beda-beda, bahasanya juga mengalami perbedaan seiring menyebarnya bangsa Celtic ke berbagai negara.

Pas aku nyari lirik lagu-lagu Eluveitie, di sana ada yang ditulis pake bahasa Gaul (bahasanya bangsa Gaul lho ya, bukan bahasa gaul anak gaul lokal jaman sekarang XD), terus juga ada yang ditulis pake bahasa Celtic kuno.

Jadi walaupun sama-sama ditulis pake bahasa Celtic, kadang ada beberapa (atau bahkan banyak) kata di lagu-lagu itu yang susah banget dicari artinya dalam bahasa Inggris, padahal menurut sejarah, bahasa Inggris itu juga jadi salah satu cabang perkembangan bahasa Celtic. Berarti bahasa Celtic itu udah tua banget yak? Emang iya.

 

Ngomong-ngomong soal lagunya Eluveitie, aku baru nemu beberapa lagu yang isinya bisa dibaca(?) XD

Maksudnya lagunya itu punya cerita.

 

Ini beberapa lagu Eluveitie yang udah aku tau isinya (diambil dari beberapa sumber, termasuk sumber mata air *eh?*) :

 

Helvetios : orang-orang Celtic kuno yang tinggal di Swiss menyebut “Swiss” sebagai “Helvetii”. Betewe, lirik lagunya semangat dan menunjukkan kebanggaan sebagai orang Swiss. Disebut “Helvetii” itu sebelum Swiss ditaklukan sama pasukan Roma, terus abis itu namanya diganti jadi Helvetia.

 

Inis Mona : “Inis Mona” adalah nama sebuah pulau di Britania Raya (sekarang namanya udah ganti jadi kepulauan Anglesey) yang dulunya dipakai bangsa Celtic sebagai tempat buat menimba ilmu. Di sana ‘pabrik’nya orang-orang penting macem ahli hukum, ahli agama, guru, psikolog, filusuf, dokter, pokoknya di sana sekolahnya para ahli gitu deh. (orang-orang ahli di bangsa Celtic disebutnya “Druid”). Untuk menjadi seorang druid diperlukan waktu selama 20 tahun. Jadi mereka udah dikirim ke Inis Mona dari umur masih piyik.

(sumber : interview Eluveitie sama Lord of Metal)

 

Dan belakangan aku baru tau kalo lagu Inis Mona ini ternyata adalah salah satu dari sekian banyak lagu lain yang ngambil dari lagu Tri Martolod, lagu kuno dari Prancis, semacam lagu Scarborough Fair yang ga jelas siapa pengarangnya. Nanti kapan-kapan bahas soal lagu Tri Martolod deh.

 

Brictom : nah, ini nih, lagu yang liriknya susaaaaaaaahhhhhh banget dicari translitan Inggrisnya. Udah pernah disebutin di postingan Eluveitie yang dulu, lagu ini diambil dari sebuah naskah kuno yang bahasanya juga kuno parah. Entah isinya tentang apa, tapi di sana ada kata “bnanom brictom” yang artinya “mantera (atau sihir) wanita”, “eainom anuana” (nama mereka), terus ada “Antumnos”, itu nama sebuah tempat di dunia lain dalam mitologi bangsa Gaul (gitu menurut pakar penerjemah di facebook).

Dan aku nemu tulisan tentang kaum Druid kalo mengalami kesulitan mereka memohon ke dewa atau meminta bantuan mantera wanita. Mungkin “mantera wanita” itu lah yang dimaksud bnanom brictom. Wanita di sini maksudnya bukan wanita biasa ya, tapi semacam makhluk mitologi atau dewi atau mungkin memang penyihir wanita, biasanya kan penyihir suka baca mantera gitu *iya lah emang mbah dukun doang yang suka baca mantera?*

 

Slania : kata om Chrigel di salah satu interview Eluveitie, “Slania” itu dia ambil dari nama yang tertera di sebuah batu nisan kuno milik seorang perempuan yang meninggal sekitar 2500 tahun lalu. (itu disebutkan di sebuah prasasti kuno bangsa Gaul)

 

Virunus : nama sebuah kota penting bangsa Celtic tapi di negara mana dan apa pentingnya itu ga disebutin sama Chrigel di salah satu interview.

 

Giamonios : ini lagu instrumental sih, tapi penasaran aja sama judulnya. Ternyata itu nama salah satu dari 12 bulan di kalender kuno bangsa Celtic. Kalender kuno itu ditemukan oleh para peneliti dari Celtic Studies Group (entah tahun berapa ditemuinnya). Kalender itu dihitung berdasarkan peredaran bulan. Urutan nama bulannya : Samonios, Dumannios, Rivros, Anagantios, Ogronios, Cutios, Giamonios, Simivisonnios, Equos, Elembivios, Edrinios, dan yang terakhir Cantlos. (aku curiga kata ‘tonggos’ dan ‘plontos’ itu salah dua dari perkembangan bahasa Celtic yang masuk ke Indonesia) 😮 *ga gitu*

 

Alesia : pertempuran Alesia di Roma.

 

Sucellos : nama dewa keberuntungan di mitologi Celtic.

 

A Rose For Epona : “Epona” nama dewi di mitologi Celtic. Menurut sumber sih, ada yang menyebutkan dewi perang, dewi kesuburan yang naik kuda, pengendali kuda [supaya baik jalannya *kusir kali?]. Mungkin nama kudanya Zelda terinspirasi dari nama dewi bangsa Celtic. Jadi kalo di mitologi Nordik ada dewi yang mungutin(?) arwah orang-orang yang mati di medan perang dengan mengendarai kuda disebutnya Valkyrie (bukan Yuh Valkyrie yang di fanfic aku ya *promo* XD) tapi kalo di Celtic disebutnya Epona. Sama-sama naik kuda sih.

 

Ogmios : ini bukan lagu, cuma intermezzo di album Origin, isinya suara hembusan angin sama anak kecil (cewe) yang baca puisi pake bahasa Inggris.

Tapi karena penasaran aku jadi googling, dan ternyata Ogmios itu nama salah satu dewa bangsa Celtic. Dewa yang kuat dan digambarkan punya para pengikut yang lidah dan telinganya diikat rantai (melambangkan apa yang dibicarakan Ogmios itu ga pernah bohong).

 

 

Yaudah deh segitu dulu. Sebenernya masih banyak, kayak Lugdunon, Luxtos, Santonian, terus apa lagi deh lagu-lagu lama di album jadulnya Eluveitie, tapi segini aja udah kepanjangan yak. Ntar kalo disebutin semua bisa gumoh.

Ehehehe… enggak deng, soalnya yang ga aku tulis di sini itu karena aku belum nemu sumbernya, aku cuma googling tentang apa itu Luxtos, Lugdunon, Santonian, jadi takutnya salah kaprah.

 

Nah kan, dari lagu sama musiknya aja udah kental sama Celtic, jadi ga heran kalo Eluveitie disebut sebagai band folk metal yang nasionalis XD

Aku salut sama Eluveitie yang bisa masukkin unsur budaya mereka ke karya-karya yang mengagumkan. Dan itu dipadukan sama unsur modern juga (musik metal sama instrumen modern). Metalnya kentel, folk / tradisionalnya juga kentel.

Coba ya kalo di Indonesia ada band folk kayak yang pernah aku khayalin di postingan musik folk sebelumnya, terus lagu-lagunya nyeritain banyak hal tentang Indonesia (khususnya budayanya) dan pake bahasa-bahasa daerah gitu. Ah pasti ga kalah keren deh sama band luar. Ntar ada lagu-lagu yang judulnya Malin Kundang, Rendang, Joglo, Reog, Game Land (gamelan maksudnya XD), Jawa, Dayak, dan kalo di band luar banyak yang mengangkat makhluk mitologi Siren sebagai judul atau tema lagu, kalo di Indonesia ada Sinden, ya sinden bukan makhluk mitologi sih, tapi sama-sama jago nyanyi juga kan? XD ah pokoknya hal-hal tentang Indonesia gitu deh. Jadi lagu-lagu kita isinya ga cuma cinta-cintaan doang. Terus, ngayal aja terus sampe subuh!

Hahahahag…

 

Jadi kesimpulannya, postingan ini bahas soal Eluveitie apa bangsa Celtic nih? X’D

Seterah deh mau dibikin kesimpulan apa, yang penting blog aku isinya ga cuma fanfic doang :v *diselepet readers*

Yah syukur-syukur ni postingan bisa nambah wawasan sedikit tentang dunia luar yang ternyata punya budaya dan sejarah yang juga unik.

Mereka begitu bangga dengan kekayaan budayanya sampai dibikin karya, aku juga pinginnya begitu sih, tapi sayangnya aku belum bisa menghasilkan sebuah karya yang berarti (._.)

Hah!

 

Oke deh, gitu aja. Makasih yang udah mau repot baca XD

Dan maap-maap kalo ada info yang ngaco.

Wassalammetalikum~

 

~UPDATE~

Buat kamu yang demen Eluveitie, yuk, gabung di Grup Eluveitie Indonesia!! ^_^

Advertisements

2 thoughts on “ELUVEITIE dan Bangsa Celtic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s