OMNIA ~Neoceltic Pagan Folk band~

from : http://demeesteralmere.nl

 

Ceritanya pas itu aku lagi nyari video live nya Eluveitie di youtube, trus nongol lah videonya Omnia di suggest video. Gambarnya mbak-mbak lagi main harpa.

Wah aku langsung penasaran. Langsung klik, terus download videonya.

Ah, mumpung masih di warnet pas itu, jadi aku langsung download lagu-lagunya.

Kata blog Spirit of Metal, Omnia udah aktif dari tahun 1996, tapi baru rilis album tahun 2000-an. Aku liat di salah satu blog sih, album pertamanya tahun 2004. Jadi benernya gimana?

Omnia ini band folk dari Belanda, alirannya Neoceltic Paganfolk, dan aku baru denger aliran kayak gitu pas kenal Omnia.

Personil Omnia resminya ada 4 biji (Steve, Jenny, Daphyd, sama Rob), tadinya sempat nambah 1, namanya Satrya, di posisi gitar, tapi sekarang udah cabut. (updated May 9, 2017)

Steve Sic : lead vocal, flute, mandola, macem-macem alat yg dia bisa, alat-alat dapur juga ayok lah XD

Jennifer “Jenny”, bininya Steve : lead vocal, harpa gede, hurdy gurdy, piano, kadang main gitar, kadang gebugin alat musik yg kayak rebana tapi gedean (duh apa sih namanya? Bodhran?).

Daphyd : megang instrumen yg aku ga tau namanya, alat musik tiup guedeee dan bisa ditarik-ulur(?) maksudnya bisa dipanjangin bisa dipendekkin. *pfftt~ tarik-ulur kayak main layangan bang?*. Oh iya, nama instrumennya didgeridoo.

Dan terakhir ada Rob di posisi drum, perkusi.

 

 

Dengerin lagu Omnia tuh serasa kayak nyasar di hutan trus ketemu sama suku-suku pedalaman hutan yang jago main alat musik. Dari segi penampilan, Omnia memang folk banget. Kostumnya kayak orang-orang primitif gitu, tapi enggak nyeremin. Malah keliatan keren. Apalagi Jenny, cantik, dan lebih terlihat anggun pas dia mainin harpa. Suaranya juga enak, kalo ga enak ya ga jadi lead vocal XD

Dan aku seneeeeeng banget ngeliat Jenny petik-petik harpa. Keren! >////<

BTW, Jenny yg ngajarin suaminya (Steve) main harpa XDd

Yang unik lagi dari Omnia, lagu-lagunya ga cuma pake bahasa Inggris, tapi juga pake bahasa dari berbagai negara kayak Persia, Latin, Mongol, Arab, India, Spanyol, macem-macem deh!

Aku suka aksi panggung Omnia. Atraktif! Pernah juga kapan hari mereka perform di mana gitu lupa, ada grim reaper-nya di panggung, terus pernah juga ada penari api nya.

Lagu-lagu Omnia ini isinya ada yg nyeritain tentang sejarah, budaya di beberapa negara, perang, dewa-dewi, dan banyak juga lagu-lagu Omnia yg nyeritain tentang alam.

Lagu Omnia yg macem-macem itu mungkin dipengaruhi sama Steve yg hidupnya pindah-pindah sampe di 6 negara. Ntah dia kebanyakan duit atau semacam buronan *plakk!!* XD

Tapi pindah-pindahnya Steve bikin dia kaya akan bahan buat bikin lagu. Buktinya lagu-lagu Omnia ada pake bahasa mana aja liriknya, musiknya juga mencirikan macem-macem negara, kayak musik ala-ala Timur Tengah, musik Latin, gitu-gitu deh.

Beberapa lagu instrumentalnya Omnia yg menurutku enak :

SALTATIO VITA

Aku gregetan denger permainan double flute nya Steve di sini! >///<

RICHARD PARKER’S FANCY

Kalo yg ini lebih nge-beat. Hentakan drum sama petikan gitar akustik ikut campur(?) di dalamnya, tapi di awal-awal selow gitu sih.

TINE BEALTAINE

Aku anggap ini sebagai lagu instrumental. Ya abisan, sepanjang lagu liriknya cuma nyebutin judul doang XDa

Itu pun aku ga tau artinya apa. Bahasa mana sih?

Tapi musiknya asik loh!

DIL GAYA

Lagu instrumental ala-ala India XDd

LAMENT FOR BLACKBIRD

Walaupun cuma permainan harpa dan suara cicitan burung, tapi lagu ini indah banget :’)

Bikin galau, tapi manis. Ini jadi salah satu lagu instrumentalnya Omnia favorit aku.

Sekarang lagu yang ada liriknya.

THE ELVEN LOVER

Ini lagu Omnia yang pas pertama kali denger aku berasa kayak dapet “surprise”. Di awal, harpanya Jenny udah main, dan tau-tau… “Are you going to Scarborough Fair? Parsley, Sage, Rosemary, and Thyme.”

OH, TERNYATA INI LAGU SCARBOROUGH FAIR!! XD

Wah asem! Lagu ini dimainin juga sama Omnia ternyata. Tapi ada tambahan lirik. Mungkin karena dicampur(?) sama cerita di balik lagu The Elfin Knight yang hampir sama kayak cerita di lagu Scarborough Fair. Cuman tetep, bagian “Parsley, Sage, Rosemary, and Thyme” nya masih jadi ke-khas-an lirik lagu ini.

Selain mainin harpa, di lagu ini Jenny juga mainin hurdy gurdy. Aku suka banget part hurdy gurdy di lagu ini.

ALIVE!

Ini salah satu lagu Omnia yang paling sering aku dengerin, salah satu favoritku. Musiknya enak, nyantai, dan close to nature banget liriknya.

DANCE UNTIL WE DIE

Di awal memang dibuka pake harpanya Jenny. Tapi jangan salah, ini bukan lagu galow ato lagu selow. Steve sama Daphyd NGE-RAP di lagu ini! XD

Asik deh, lagu raprapan(?) gitu diiringi pake harpa, gitar akustik, hurdy gurdy, dan drum.

ETREZOMP-NI KELTED

Ga tau deh itu bahasa mana, tapi artinya ada Celtic-Celtic nya gitu sih.

FIDHE RA HURI

Ini lagunya lucu loh. Ga tau bahasa apa pakenya. Nyanyinya cepet, kedengerannya lucu (dan ribet) tapi tetep asik. Ya walopun cuma berapa baris doang sih liriknya, diulang-ulang.

“Wack fol’a day diddle dee day do

Je-le-le-le-len-o, je-le-le-le-len-o

Fiddle daddle day diddle dee day do

Ho ri fidhe ra hurì”

 

I DON’T SPEAK HUMAN

Liriknya full English. Ini juga enak lagunya. Hurdy gurdynya full dari awal lagu sampe abis. Betewe PV nya lumayan nih, settingnya di hutan yg salju-saljuan gitu.

Ini cuma pake 4 instrumen : hurdy gurdy, didgeridoo, gitar, sama bodhran.

 

LOVE IN THE FOREST

Serasa bener-bener di hutan XD

Rame suara burung dan hewan-hewan apa aja deh. Lagunya ceria dan terdengar cukup manis. Tapi ga ada hurdy gurdy dan harpa di sini. Jenny nya main keyboard.

NIIV

Di awal lagu Jenny komat kamit ngomong pake bahasa apa aku ga tau. Trus masuklah suara keyboard sama didgeridoo nya mas Daphyd. Nuansanya nge-dark gitu.

 

TOYS IN THE ATTIC

Di lagu ini cuma pake keyboard sama gitar. Lagunya lumayan nge-dark. Dan penuh tawa (?) :v

 

WHO ARE YOU

Lagu yang bercerita. Aku kurang paham sama isi ceritanya.

Lagu ini durasinya pendek, ga ada 3 menit. Tapi aku suka.

 

WYTCHES BREW

Lagunya asik, terkesan serem, ada efek-efek suara petir gitu.

Lagu-lagu puisinya Omnia juga gak ada salahnya dicoba :

  • Fairy Tale
  • Wolf Song
  • Sing for Love

Udahan deh segini dulu XD

Walopun baru dapet dan dengerin sedikit lagunya tapi udah nancep di hati >u<

 

Thank you yang udah mampir.

Advertisements

3 thoughts on “OMNIA ~Neoceltic Pagan Folk band~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s